Ini Cara Install Pembaruan Windows 10 Secara Manual

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 16:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 03 207 1959167 ini-cara-install-pembaruan-windows-10-secara-manual-a0LODCQJlZ.jpg Windows 10 (Foto: The Star)

JAKARTA - Microsoft mengeluarkan pembaruan sistem operasi Windows 10 mulai minggu depan. Namun, masih peluncuran bertahap yang artinya belum semua pengguna mendapatkan pembaruan Windows 10 terbaru dalam waktu dekat.

Dilansir dari laman Venture Beat, Rabu (3/10/2018), ada cara jitu agar pengguna dapat merasakan sistem yang juga dikenal Redstone 5 tersebut. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Windows 10 Update Assistant. Ini merupakan cara aman yang direkomendasikan Microsoft.

Langkah pertama, jalankan komputer dengan Windows 10 yang ingin diperbarui. Selanjutnya, buka microsoft.com/software-download/windows10 dan klik tombol biru "Update Now". Ini akan secara otomatis mengunduh Asisten Pembaruan Windows 10.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Tidak Disarankan Login Akun Media Sosial Menggunakan Facebook

Setelah membuka file yang diunduh, tekan "Ya" jika diminta untuk melakukan perubahan pada perangkat. Kemudian, Anda akan melihat layar seperti di atas. Klik pada tombol "Update Now" di kanan bawah.

Asisten akan melakukan pemeriksaan dasar pada perangkat keras Anda dan memulai proses pengunduhan setelah 10 detik, dengan asumsi semuanya terlihat baik (seharusnya jika Anda sudah menginstal Windows 10).

Windows 10

Setelah memverifikasi unduhan, asisten akan mulai mempersiapkan proses pembaruan secara otomatis. Proses pembaruan akan benar-benar dimulai.

Proses ini akan memakan waktu sedikit lebih lama. Hal ini lantaran Microsoft menambahkan beberapa fitur terbaru dalam pembaruannya.

Windows 10

Kemudian, Windows 10 Update Assistant akan secara otomatis me-restart komputer setelah hitungan mundur sekira 30 menit. Setelah itu, klik tombol "Restart Now" di kanan bawah untuk segera memulainya atau "Restart later" di kiri bawah untuk menunda.

Setelah komputer mengalami restart beberapa kali, Windows 10 akan melalui langkah terakhir untuk menyelesaikan menginstal pembaruan. Hingga akhirnya, sebuah pemberitahuan "Welcome in Update October".

 Windows 10

Terakhir, karena pembaruannya gratis, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mendapatkannya sesegera mungkin. Jika Anda kesulitan mendapatkannya secara manual, sebaiknya menunggu hingga ditawarkan kepada Anda melalui Windows Update.

Baca Juga: Bos Apple Sumbang Rp15 Miliar untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini