Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo: FPI Jadi Relawan, Hoaks Bukan Kegiatannya tapi Fotonya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 03 Oktober 2018 18:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 03 207 1959263 kominfo-fpi-jadi-relawan-yang-hoaks-bukan-kegiatannya-tapi-fotonya-QGI6nPmTk8.jpg Ilustrasi Hoaks (Foto: Good News)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) angkat bicara atas beredarnya berita terkait hoaks aktivitas kemanusiaan FPI di Sulawesi Tengah. Plt. Kepala Biro Humas Ferdinandus Setu menegaskan jika pihaknya tidak pernah pernyataan bahwa aktivitas kemanusiaan FPI bagi korban gempa bumi di Sulawesi Tengah sebagai hoaks. Namun, lanjut dia yang tidak sesuai adalah foto yang beredar tidak benar adanya.

“Salah satu hoaks yang kami sampaikan pada siaran pers tersebut adalah foto yang memperlihatkan sejumlah orang melakukan aktivitas di wilayah tanah longsor yang disandingkan dengan judul atau caption 'gerak cepat relawan FPI evakuasi korban gempa palu 7.7'. Kami sampaikan dalam siaran pers kami bahwa foto tersebut adalah hoaks karena faktanya dalam gambar tersebut memperlihatkan relawan FPI yang membantu korban longsor di Tegal Panjang Sukabumi pada tahun 2015,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (3/10/2018).

Lebih lanjut, Ferdinandus juga mengungkapka selain memastikan jaringan telekomunikasi di wilayah terdampak gempa di Sulawesi Tengah. Kemkominfo memang tengah gencar menangani berita hoaks yang semakin meraja lela di internet.

Hoax

Baca Juga: Facebook: Hacker Tak Bisa Login Akun Medsos yang Terhubung dengan Facebook

“Kemkominfo juga akan terus memantau dan menyampaikan kepada publik setiap informasi hoaks terkait penanganan di masa tangggap darurat bencana ini. Setiap pelaku hoaks akan kami teruskan ke Mabes Polri (Cq Direktorat IT & Cyber Crime) untuk proses penegakan hukum lebih lanjut,” imbuh dia.

Tidak hanya sampai disitu, ia pun mengajak para warganet untuk turut andil dalam memerangi berita hoaks.

“Jika masih ragu-ragu apakah sebuah informasi masuk kategori hoaks atau fakta atau jika ada informasi yang diduga mengandung hoaks, masyarakat dapat melaporkannya melalui laman aduankonten.id, email aduankonten@kominfo.go.id atau mention ke akun twitter @aduankonten,” tutup dia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini