nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Kepunahan, Peneliti Berhasil Inseminasi Singa untuk Pertama Kalinya

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 03 56 1959059 cegah-kepunahan-peneliti-berhasil-inseminasi-singa-untuk-pertama-kalinya-gnfYYMi6yb.jpg (Foto: National Geographic Kids)

JAKARTA – Inseminasi buatan bukanlah hal baru, namun hal ini berguna untuk menyelamatkan spesies yang langka. University of Pretoria di Afrika Selatan telah berhasil menggunakan teknik ini dengan singa untuk pertama kalinya.

Dilansir dari laman Engadget, singa berhasil melahirkan 2 anak singa bernama Isabel dan Victor yang lahir pada 25 Agustus. Para peneliti mengandalkan pendekatan baru yang bisa mewakili terobosan untuk konservasi spesies.

Setelah mengambil sperma dari singa jantan tim mengukur tingkat hormone wanita yang memenuhi syarat melalui sampel darah untuk melihat kapan mereka akan cocok untuk mengandung anak-anaknya.

 

Satu-satunya persyaratan adalah melatih singa betina untuk beristirahat di samping pagar sehingga mereka dapat dengan mudah memberikan sampel. Metode sebelumnya mengharuskan memindahkan singa keluar dari habitat mereka yang ada.

Tidak semua orang senang dengan perkembangannya. Kelompok kesejahteraan hewan berpendapat bahwa penangkaran singa di Afrika Selatan berputar di sekitar pariwisata dan perdagangan, bukan konservasi.

Baca juga: Peneliti Jelaskan 3 Faktor Penyebab Tsunami Mematikan di Palu

Namun, para peneliti melihat hal-hal berbeda. Dalam obrolan dengan AFP, ilmuwan studi Imke Lueders melihat inseminasi buatan sebagai “Alat pelestarian” yang dapat menjaga populasi singa.

 

Populasi singa liar telah jatuh 43 persen dalam 20 tahun terakhir. Teknologi mungkin sangat penting untuk menjaga kelangsungan spesies. Teknik ini juga dapat membantu meningkatkan populasi untuk cheetah dan kucing besar lainnya yang kelangsungan hidupnya tidak dijamin.

Baca juga: Satelit Tangkap Gambar Lebih dari 5.000 Bangunan Rusak Akibat Gempa Palu dan Donggala

Inseminasi adalah teknik dalam dunia medis untuk membantu proses reproduksi dengan cara membantu proses reproduksi dengan cara memasukkan sperma yang telah disiapkan ke dalam Rahim menggunakan kateter. Hal ini bertujuan membantu sperma menuju telur yang telah matang sehingga terjadi pembuahan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini