Facebook dan WhatsApp Beri Donasi Rp15 Miliar untuk Gempa dan Tsunami di Sulteng

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 12:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 04 207 1959566 facebook-dan-whatsapp-beri-donasi-rp15-miliar-untuk-gempa-dan-tsunami-di-sulteng-o1EDy028jM.jpg (Foto: Alexander Supertramp/Shutterstock)

JAKARTA - Bencana yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah memang banyak menarik perhatian dari berbagai kalangan untuk memberikan bantuan. Bantuan tersebut juga banyak di umumkan melalui berbagai media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan lain lain.

Diketahui Facebook dan WhatsApp turut memberikan bantuan dengan berdonasi sebesar Rp15 miliar kepada Palang Merah Indonesia untuk penanggulangan bencana yang terjadi. Pihaknya juga berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam proses pemulihan dan membantu komunitas LSM dan bisnis kecil yang terkena dampak dari bencana serta membantu dengan melalui program Laju Digital.

Adventist Development and Relief Agency (ADRA) International juga telah berhasil menggalang dana hingga lebih dari 57.000 dollar atau sekira Rp859 juta di Facebook untuk Dana Darurat Tsunami Indonesia. Selain itu, World Vision telah mengumpulkan lebih dari 20.000 dollar atau sekira Rp300 juta untuk membantu para korban selamat dengan menyediakan makanan, air, dan juga tempat penampungan pengungsi.

 

Halaman Penanggulangan Krisis di Facebook dan WhatsApp juga banyak digunakan untuk memberitahu teman serta keluarga mereka bahwa mereka dalam keadaan selamat, meminta bantuan, berbagi informasi dan menggalang dana.

Setelah tsunami terjadi, banyak orang yang menggunakan Penanggulangan Krisis, Grup dan Penggalang Dana (Fundraisers) untuk mengerahkan bantuan dan membantu sesama, seperti Warga Palu dan Donggala menggunakan Info Kota Palu, sebuah grup Facebook yang memiliki lebih dari 530.000 anggota, guna berbagi informasi lengkap tentang lokasi atau tempat untuk mendapatkan bantuan serta informasi terkini.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Tidak Disarankan Login Akun Media Sosial Menggunakan Facebook

Grup ini dibuat 7 tahun yang lalu sebagai platform untuk berbagi informasi umum bagi warga kota Palu dan telah menjadi tempat di mana orang bisa berbagi informasi tentang orang yang mereka cintai. Lebih dari 1.300 orang meminta bantuan melalui Community Help.

 

Baca juga: Peneliti Jelaskan 3 Faktor Penyebab Tsunami Mematikan di Palu

Hal yang paling sering ditanyakan orang-orang di Community Help yaitu, informasi, makanan, tempat pengungsian, dan ketersediaan air bersih. Selain itu, banyak orang juga menggunakan Community Help untuk mencari orang terdekat mereka yang hilang.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini