Indonesia Miliki 85 'Gold Creator', YouTuber dengan Subscriber di Atas 1 Juta

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 04 Oktober 2018 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 04 207 1959731 indonesia-miliki-85-gold-creator-youtuber-dengan-subscriber-di-atas-1-juta-Jmde90FZwy.jpg Ilustrasi (Foto: SEO Expert)

JAKARTA - Seiring dengan berkembangnya dunia digital sekarang ini, manusia yang berkutat di dunia digital pun semakin kreatif. Mereka sering disebut content creator yang mampu membuat berbagai konten menarik, di antaranya foto, video, desain, dan banyak lagi.

Salah satu rumah yang populer bagi content creator misalnya platform YouTube. Menurut Head of Consumer Marketing, Google Indonesia, Fibriyani Elastria bahkan saat ini content creator YouTube di Indonesia telah melampaui 122 ribu dari total 350 ribu di dunia.

Lebih lanjut, terkait demografi dia mengatakan baik penonton maupun creator-nya lebih banyak datang dari generasi yang lebih muda atau milenial.

“Rata-rata itu 18-35, tetapi bukan berarti tidak ada audiens atau content creator di atas itu. Misalnya mba Merry Riana atau kemarin di Jogja ada channel namanya Success Before 30 usianya sudah 40 tahun, bahkan subscribernya sudah sangat banyak,” kata perempuan yang akrab disapa Fibri, Kamis (4/10/2018), di Jakarta.

Dia menambahkan, “Selama mereka mau berbagi dan punya passion terhadap yang mereka kreasikan”.

 Sementara itu, Fibri juga mengatakan jika konten paling banyak ditonton adalah konten musik, baik di Indonesia maupun global. "Konten musik memang yang paling banyak peminatnya. Kalau kita berbicara di luar itu, ada entertainer, beauty, how to itu juga banyak,” imbuh dia.

Kreator

Baca Juga: Fenomena Vlog, Atta Halilintar: Penonton YouTube di Indonesia Memasuki Fase Ketagihan

Namun sayangnya saat ditanyai tentang seberapa banyak presentase, Fibri enggan memberikan keterangan lebih lanjut.

Sebagai informasi, sebagai salah satu platform video terbesar, YouTube juga mengadakan ajang bagi para kreator bertemu dengan penggemarnya, yakni YouTube FanFest 2018 pada 6 Oktober di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Di dunia acara ini telah diadakan di sekira 12 negara. Dari ajang ini juga diketahui, jika pertumbuhan kreator YouTube pun semakin meningkat. Pada 2017 adapun peningkatan dari sisi kreator 63 persen atau sekitar 200 ribu kreator dalam satu tahun.

Sementara itu, di Indonesia menurut Fibri ada sekira 85 “Gold Creator” tahun ini. Ini mengalami peningkatan yang pesat, di mana pada tahun lalu hanya ada sekira 17 “Gold Creator”. Predikat “Gold Creator” ini diperuntukan bagi mereka yang memiliki subscriber di atas 1 juta.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini