Bocah 8 Tahun Temukan Pedang Pra-Viking Berusia 1.500 Tahun

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Jum'at 05 Oktober 2018 14:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 05 56 1960147 bocah-8-tahun-temukan-pedang-pra-viking-berusia-1-500-tahun-wgjPP4FgL9.jpg (Foto: Jonkopings Lans Museum)

JAKARTA - Seorang bocah delapan tahun menemukan sebilah pedang era pra-Viking saat berenang di sebuah danau di Swedia selama musim panas.

Bocah bernama Saga Vanecek itu menemukan benda purbakala tersebut di danau Vidöstern saat liburan keluarga di kawasan Jönköping.

Pedang itu pada awalnya dilaporkan berumur 1.000 tahun, namun sekarang para ahli di museum setempat meyakini benda itu mungkin berusia sekitar 1.500 tahun.

"Tidak setiap hari kamu menginjak pedang di danau!" kata Mikael Nordström dari pihak museum.

Debit air yang sangat rendah akibat kekeringan, mungkin menjadi faktor mengapa Saga bisa menemukan senjata kuno itu.

"Saya merasakan ada sesuatu di dalam air dan mengangkatnya. Lalu saya seperti memegang sebuah gagang dan saya pergi memberi tahu ayah saya bahwa itu tampak seperti pedang," kata Saga kepada penyiar Radio Sveriges.

 

Baca juga: Sony Xperia Terbaru dengan Dual Kamera Saingi Samsung

Ayah Saga, Andy Vanecek, mengatakan kepada situs berbahasa Inggris The Local, awalnya ia mengira putrinya telah menemukan tongkat atau ranting yang tidak biasa di dalam air.

Ia lantas meminta seorang temannya untuk melihat lebih dekat apakah yang ia temukan itu mungkin sebuah benda kuno.

Baca juga: Nokia 7.1 Bawa RAM 4GB dan Desain Poni, Berapa Harganya?

Museum setempat - yang sekarang turut melestarikan benda bersejarah itu - menyebutkan pedang itu dijaga dengan sangat baik.

Penemuan pedang oleh Saga ini membuat pihak museum dan dewan kota setempat melakukan penggalian lebih lanjut di danau itu, selain pedang mereka juga menemukan sebuah bros dari abad ke-3.

Museum county Jönköping mengatakan bahwa penyelidikan yang berlangsung di danau itu belum selesai dan bisa jadi masih banyak peninggalan-peninggalan kuno di sana.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini