60% BTS Kembali Pulih di Sulteng karena Pasokan Listrik

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 06 Oktober 2018 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 06 54 1960475 60-bts-kembali-pulih-di-sulteng-karena-pasokan-listrik-SiMBVFRai2.jpg Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (Foto: Kominfo)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan jika BTS operator seluler telah berfungsi sekira 60 persen pada 5 Oktober 2018. Angka ini naik sekira 10 persen dari sehari sebelumnya.

Menurutnya, hal ini dipengaruhi oleh mulai pulihnya sistem jaringan transmisi yang mendukung keseluruhan BTS operator seluler. Selain itu, kenaikan ini juga dipengaruhi oleh berangsur pulihnya pasokan listrik di Palu.

"Kenaikan signifikan dari performa BTS pasca-bencana ini tidak terlepas dari kerja keras tim recovery dari ketiga operator seluler dengan dukungan penuh dari Tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika di bawah pimpinan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail," kata pria yang akrab disapa Chief, dalam keterangan resmi, Sabtu (6/10/2018).

Untuk diketahui, Menteri Kominfo Rudiantara telah menunjuk Dirjen SDPPI untuk menjadi penanggung jawab percepatan pemulihan infrastruktur dan layanan sektor Kominfo pascabencana gempabumi dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah dan wilayah sekitar yang terdampak melalui Surat Keputusan Menteri No 773 Tahun 2018.

Lebih lanjut, Kementerian Komunikasi dan Informatika menurunkan 3 (tiga) tim untuk membantu proses pemulihan pascagempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Tim pertama dipimpin langsung Dirjen SDPPI terdiri atas 30 orang (pusat dan daerah) untuk membantu percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi seluler.

BTS

Baca Juga: Samsung Luncurkan Ponsel Lipat Galaxy F pada 2019?

Tim kedua dipimpin oleh Direktur Utama BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kemkominfo Anang Latief beranggotakan 12 orang yang secara khusus menyediakan dan mendistribusikan telepon satelit dan perangkat internet satelit.

Tim ketiga dipimpin oleh Dirjen IKP Rosarita Niken Widiastuti yang bertugas membangun dan mengoperasikan media centre.

Sebelumnya untuk mendukung jaringan komunikasi di Sulteng, Kemkominfo mengirimkan telepon satelit. Jumlah telepon satelit yang telah didistribusikan ke posko-posko pengungsian berjumlah 64 unit, masing-masing 31 unit di termin pertama dan 33 unit di termin kedua.

Sementara jumlah perangkat internet satelit yang sudah berfungsi di lokasi bencana mencapai 10 unit perangkat yang dipasang di 10 tempat, seperti Posko Utama Korem, Rumah Dinas Gubernur, Kantor Walikota, RS Bhayangkara, RS Wirabuana. Dengan 10 perangkat internet satelit tersebut, warga dapat mengakses internet menggunakan wifi secara gratis.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini