nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apple Tegaskan Tak Temukan Chip Mencurigakan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 08 207 1961118 apple-tegaskan-tak-temukan-chip-mencurigakan-2fq6NJmtAs.jpg Apple (Foto: Engadget)

JAKARTA - Apple menegaskan bahwa tidak ada bukti gangguan server berbasis microchip oleh agen China. Hal tersebut diungkapkan Vice President untuk keamanan IT, Goerge Stathakopoulos dalam surat kepada kongres di AS.

Dilansir dari laman Engadget, Senin (8/10/2018) Apple bersama dengan Amazon dan produsen server Super Micro, sebelumnya telah merilis penolakan kuat kecurigaan bahwa server-nya mengandung komponen berbahaya.

Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) dan pejabat cybersecurity Inggris juga telah menimpali, mengatakan mereka tidak memiliki alasan untuk meragukan Amazon dan penolakan Apple.

"Alat keamanan milik Apple secara terus menerus memindai untuk jenis lalu lintas keluar ini, karena ini menandakan adanya malware atau aktivitas jahat lainnya. Tidak ada yang ditemukan," kata dia.

Apple

Baca Juga: Nintendo Bikin Case Ponsel Bisa Dijadikan Game Boy

Surat itu juga mengulangi pernyataan pers dari Apple yang tidak pernah menemukan komponen backdoor yang dapat membahayakan keamanan pengguna.

Apple awalnya mengatakan telah melakukan penyelidikan internal yang ketat berdasarkan laporan Bloomberg. Namun, pihaknya sama sekali tidak menemukan bukti untuk mendukung salah satu dari mereka (laporan).

Perusahaan juga mencatat bahwa cerita itu didasarkan pada 17 sumber anonim, dengan beberapa tuduhan berdasarkan sumber yang tidak disebutkan namanya.

Sebagai pengingat, Bloomberg sebelumnya melaporkan bahwa Amazon dan Apple menemukan chip mencurigakan pada server Super Micro yang dapat menyampaikan informasi ke agen-agen asing.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini