Teknologi AI Mungkinkan Anda Ketahui Resep Makanan Melalui Foto

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 08 Oktober 2018 15:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 08 56 1961102 teknologi-ai-mungkinkan-anda-ketahui-resep-makanan-melalui-foto-PRxdDJBlt7.jpg Ilustrasi Makanan (Foto: Timeout)

JAKARTA - Para peneliti yang tergabung dalam kelompok Penelitian Kecerdasan Buatan (FAIR) milik Facebook tengah mengembangkan perangkat lunak AI yang dapat menentukan bahan apa yang digunakan dalam makanan.

Tidak hanya sampai di situ, perangkat lunak tersebut juga mampu menggambarkan basgaimana cara pembuatannya.

Dilansir dari laman Forbes, Senin (8/10/2018), sistem AI yang dikembangkan oleh ilmuwan Adriana Romero dan beberapa tim lain di lab Montreal FAIR dapat mendeteksi melalui foto. Kemudian, akan menjelaskan bahan yang digunakan dan menjelaskan metode memasaknya.

AI

Baca Juga: Nintendo Bikin Case Ponsel Bisa Dijadikan Game Boy

"Kadang-kadang ada bahan-bahan yang bisa Anda lihat tetapi ada juga bahan-bahan yang tidak selalu Anda lihat, seperti gula dan garam dan hal-hal seperti itu," kata kepala lab Montreal FAIR, Joelle Pineau.

Dia melanjutkan jika para peneliti telah melatih AI dengan pasang gambar dan resep. Menariknya lagi, kabarnya pengguna Facebook dan Instagram akan menikmati fitur ini. Namun menurut Pineau, hal tersebut tidak datang dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, alasan FAIR mengembangkan sistem AI, Pineau mengatakan, "Kita harus memiliki mesin yang memahami dunia. Memahami tidak hanya yang terlihat di dunia, tetapi memahami bahwa ketika Anda memiliki kue biasanya ada gula di sana".

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini