Unik, Peneliti Ubah Boneka Jadi Robot

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 07:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 08 56 1961236 unik-peneliti-ubah-boneka-jadi-robot-T30NSnA6rw.jpg (Foto: Nbcnews)

JAKARTA - Para peneliti di Universitas Yale tengah mengembangkan sebuah lapisan yang disebut "kulit robot". Lapisan ini mampu menempel ke benda-benda sekitar manusia untuk mengubahnya menjadi robot lunak yang dapat bergerak, menangkap dan bahkan berjalan.

Dilansir dari laman NBC News, Senin (8/10/2018), lapisan kulit ini terbuat dari lembar elastis yang tertanam dengan sensor dan aktuator yang dioperasikan dari jarak jauh. Dalam pengujian terbaru, peneliti menggunakan sebuah boneka kuda yang dibungkus dengan kulit robot di kakinya. Sehingga, boneka tersebut mampu menggerakan kakinya.

Rebecca Kramer Bottiglio, asisten profesor teknik mesin dan ilmu material dan pemimpin penelitian mengatakan bahwa robot mampu dengan cepat dapat melakukan tugas penting di zona bencana dan pengaturan siaga bahaya lainnya.

"Seorang perancang dapat dengan cepat membuat robot menggunakan kulit robot yang melilit bahan apa pun yang bisa mereka akses dan menempelkan kamera di atasnya, dan kemudian menyebarkan robot itu untuk eksplorasi ruang kecil atau berbahaya," katanya.

Dia menambahkan, "Kulit robot dapat diterapkan ke, dihapus dari, dan ditransfer di antara objek yang berbeda, dan digunakan dalam kombinasi untuk membuat banyak konfigurasi yang berbeda untuk melakukan banyak tugas yang berbeda".

Studi ini cukup menarik yang mampu menunjukkan fleksibilitas dan kemampuan adaptasi robot lunak.

 

Conor Walsh, seorang profesor teknik dan ilmu terapan di Universitas Harvard, mengatakan, "Gagasan bahwa kita dapat memiliki lembaran yang lembut dan lentur, membungkusnya di permukaan apa pun, membuatnya belajar apa yang melekat padanya dan kemudian memindahkannya dengan cara yang diinginkan memiliki banyak potensi".

Walsh, yang tidak terlibat dalam penelitian, mengatakan dia tertarik untuk melihat bagaimana jenis sensor dan aktuator lain mungkin digunakan untuk mencapai repertoar gerakan yang lebih luas.

Baca juga: Teknologi AI Mungkinkan Anda Ketahui Resep Makanan Melalui Foto

Lebih lanjut, Kramer Bottiglio memiliki gagasannya sendiri tentang memajukan penelitian. Dia dan rekan-rekannya berencana untuk menguji kulit pada bahan yang berbeda, termasuk struktur tanah liat yang dapat berubah menjadi bentuk yang berbeda.

Para ilmuwan juga berencana untuk menggunakan pencetakan 3D untuk membangun beberapa komponen.

Baca juga: Huawei Mate 20 Usung Poni Mirip Tetes Air

Tetapi para peneliti juga ingin melihat ide apa yang dimiliki orang lain untuk teknologi mereka.

"Saya sangat gembira melihat apa yang akan dilakukan orang lain dengan kulit robot. Kemungkinannya tidak terbatas," kata Kramer Bottiglio.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini