Google Uji Coba Fitur Backup Mirip i-Cloud untuk Android 9.0 Pie

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 09 207 1961613 google-uji-coba-fitur-backup-mirip-i-cloud-untuk-android-9-0-pie-j6FokkuK9l.jpg Ilustrasi Android 9.0 Pie (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Penyimpanan data menggunakan sistem cloud computing atau komputasi awan telah banyak diterapkan, tak terkecuali di dalam ponsel. Apple misalnya memiliki sisitem i-Cloudnya yang mampu mencadangkan data pengguna cloud, menyingkronkan, dan memulihkan data ketika pengguna membeli perangkat baru.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Selasa (9/10/2018) kabar baiknya Android juga kabarnya tengah menguji fitur serupa ke dalam sistem operasi terbarunya yakni Android 9.0 Pie. Menurut laporan dari XDA, Google menguji pencadangan manual ke Google Drive untuk Android.

Sebelum pengguna yang ingin mencadangkan ponsel mereka ke Google Drive tidak dapat memilih waktu untuk mencadangkan ponsel mereka, karena ini adalah proses otomatis yang ditentukan oleh waktu atau daya.

Cloud Computing

Baca Juga: Intel Umumkan Keluarga Baru Prosesor Core i9

Namun, tampaknya Google mengubah itu dengan memberikan opsi kepada pengguna untuk mencadangkan ponsel mereka kapan pun mereka mau.

Memang ada opsi lain untuk mencadangkan perangkat, seperti memilih layanan penyimpanan cloud yang berbeda, atau mencadangkan ke komputer. Menariknya, sistem terbaru ini juga tidak akan mengharuskan pengguna untuk melakukan root pada perangkat mereka hanya untuk menggunakan aplikasi seperti TitaniumBackup.

Sayangnya tidak ada kabar kapan Google akan benar-benar merilis fitur ini, tetapi mengingat bahwa itu sedang diuji di Android 9.0 Pie, tampaknya tidak akan terlalu lama.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini