nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2.662 BTS Sudah Berfungsi Pascagempa dan Tsunami di Sulteng

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 13:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 09 54 1961545 2-662-bts-sudah-berfungsi-pascagempa-dan-tsunami-di-sulteng-BWesQ4BcQu.jpg Ilustrasi BTS (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengungkapkan jika jaringan telekomunikasi pasca bencana di Sulteng berangsur membaik, bahkan mencapai 75,56 persen.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, Ferdinandus Setu. Ia mengatakan hingga hari ke-10, pasca-bencana gempa Bumi dan tsunami di Sulteng sekira 2.662 BTS telah berfungsi.

Kemudian, untuk mengatasi kesulitan komunikasi bagi korban gempa sekira 64 unit telepon satelit telah didistribusikan oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kemkominfo ke posko-posko penanganan pengungsi di Sulteng.

“Petugas dan warga dapat menggunakan telepon satelit tersebut untuk koordinasi dan komunikasi percepatan pemulihan pasca-bencana,” kata Ferdinandus.

BTS

Baca Juga: Facebook Rilis Portal, Perangkat Chatting Video

Dia menambahkan, “Dari 19 perangkat internet satelit yang disiapkan BAKTI Kemkominfo sebanyak 11 perangkat yang sudah berfungsi yang tersebar di posko-posko di Kota Palu. Sebanyak 8 perangkat akan sedang dipasang di Kota Donggala dan Sigi”.

Untuk informasi, menurut Menkominfo Rudiantara, rusaknya BTS lantaran hilangnya pasokan daya listrik. Sementara itu, suplai listrik sangat dibutuhkan untuk penanganan korban seperti Rumah Sakit dan kantor pemerintahan daerah.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini