nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Tanpa Bayangan, Adakah Dampak Terhadap Bumi?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 13:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 09 56 1961570 hari-tanpa-bayangan-adakah-dampak-terhadap-bumi-GIvTou2PAZ.jpg (Foto: Thomson Reuters Tax & Accounting)

JAKARTA - Hari Tanpa Bayangan terjadi pada siang hari ini atau 9 Oktober 2018 di Jakarta dan Serang. Fenomena tidak biasa ini dijelaskan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin.

"Hari tanpa bayangan adalah sebutan populer untuk kondisi astronomis matahari tepat berada di atas kepala pada tengah hari," kata Thomas kepada Okezone, Selasa (9/10/2018).

Ia mengatakan bahwa dampak dari fenomena ini hampir tidak ada. "Dampaknya hampir tidak ada, namun menarik untuk edukasi publik tentang perubahan posisi matahari sepanjang tahun karena kemiringan sumbu rotasi Bumi," tuturnya.

Seperti diketahui, fenomena ini terjadi tepatnya pada pukul 11.40 WIB, berdasarkan keterangan dari akun Twitter BMKG.

"Halo sobat BMKG yang di Jakarta dan Serang, jangan lewatkan fenomena Hari Tanpa Bayangan siang ini yah tepat pukul 11.40 WIB. Kali aja bayangan masa lalumu yang pahit dengan si dia juga ikut menghilang," tulis BMKG.

Baca juga: Google+ Ditutup Usai Google Sembunyikan Kebocoran Data Pengguna

Sebelumya, pada 21 Maret 2018 dilaporkan terjadinya fenomena Hari Tanpa Bayangan (HTB) di Kalimantan Barat. Kota Pontianak menjadi titik yang dilewati oleh garis khatulistiwa dan matahari tepat berada di atas kepala atau benda apapun, sehingga bayangan nyaris hilang.

Baca juga: Uji Benchmark, Kamera Huawei P20 Pro Ungguli iPhone XS Max

Kabarnya, HTB tidak hanya terjadi setiap 21 Maret saja, tetapi juga 23 September setiap tahunnya. Selain itu, kota yang bisa merasakan HTB juga tidak hanya Pontianak saja, tapi juga ada beberapa kota di provinsi lainnya, seperti Denpasar, Jakarta, Belitung, dan Sabang, yang masing-masing mengalami HTB pada waktu yang berbeda.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini