nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Fosil Telur Dinosaurus Ditemukan di China

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 09 56 1961691 15-fosil-telur-dinosaurus-ditemukan-di-china-YeXDRYoXH9.jpg Telur Dinosaurus (Foto: SCMP)

JAKARTA - Lebih dari selusin fosil telur dinosaurus telah ditemukan di lokasi konstruksi di provinsi timur Zhejiang. Daerah ini memang terkenal dengan sejarah peninggalan reptil kuno.

Dilansir dari laman SCMP, Rabu (10/10/2018), telur raksasa itu ditemukan ketika seorang pekerja konstruksi menggali di sekitar kota Yiwu pada 4 Oktober 2018. Keesokannya, telur-telur tersebut dikirim ke Museum Sejarah Alam Zhejiang.

Ahli Geologi Du Tianming mengatakan jika telur-telur itu berasal dari periode Cretaceous, antara 145,5 juta hingga 66 juta tahun yang lalu, "Kami telah menemukan 15 telur dinosaurus utuh sejauh ini," imbuh Du.

Periode Cretaceous mengikuti periode Jurassic, yang kebanyakan dianggap sebagai usia dinosaurus. Beberapa hewan dan tumbuhan juga banyak yang hidup di periode Cretaceous, termasuk dinosaurus yang telah punah, setelah mamalia mulai menguasai dunia.

Taman Dinosaurus

Baca Juga: Hari Tanpa Bayangan, Adakah Dampak Terhadap Bumi?

Yiwu terkenal sebagai pusat manufaktur dan ekspor untuk barang dagangan grosir seperti kaus kaki atau bunga plastik, tetapi juga memanfaatkan hubungannya dengan dinosaurus. Tahun lalu misalnya, taman air bertema dinosaurus dibuka di Yiwu dan satu lagi saat ini sedang dibangun di Guanyintang, bagian dari Yiwu di mana secara kebetulan, kopling telur dinosaurus terbaru ditemukan.

Sejak telur dinosaurus pertama kali ditemukan di daerah tersebut pada 1993, para ilmuwan telah menemukan lebih dari 100 di Yiwu. Jejak kaki dari reptil juga ditemukan di daerah itu tahun lalu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini