nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Instagram Pakai Teknologi Machine Learning Deteksi Posting-an Negatif

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 14:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 10 207 1962094 instagram-pakai-teknologi-machine-learning-deteksi-posting-an-negatif-zqiZZHFmMi.jpg (Foto: The Economists Journal)

JAKARTA - Banyak hal negatif yang tersebar di beragam media sosial, seperti pelecehan, perkataan tidak menyenangkan, unggahan kontroversial hingga bullying. Hal tersebut tampaknya sangat diperhatikan oleh pihak Instagram yang merupakan platform untuk berbagi momen video, foto bahkan berkomentar pada suatu posting-an.

Dilansir Ubergizmo, Rabu (10/10/2018), Instagram dikabarkan tengah memperkenalkan fitur pembelajaran dalam aplikasinya untuk mencegah adanya komentar negatif dalam postingan. Hal tersebut sebelumnya sudah dilakukan oleh Facebook yang memiliki mesin pendeteksi terhadap hal negatif di dalam aplikasinya.

Facebook bertindak dalam hal penanganan foto yang tidak pantas seperti pornografi dan unggahan yang kontroversial yang nantinya akan terdeteksi dan tidak dapat diunggah.

 

Baca juga: Sharp Luncurkan Azan TV dengan Fitur Pengingat Salat 5 Waktu

Perusahan dalam hal ini mengklaim bahwa mesin tersebut tidak berarti bahwa akan secara otomatis mengambil posting seperti itu, tetapi lebih akan proaktif dalam menandai sehingga moderator manusia dapat mengambil lebih cepat, di mana posting seperti itu bisa diturunkan jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Usung Baterai Jumbo, Ini Perbedaan Realme 2 dan Realme 2 Pro

Selain mencoba mencegah bullying di dalam postingan foto, Instagram juga akan mencoba untuk menindak pelecehan selama pengguna melakukan siaran di IGTV dengan menambahkan filter komentar opsional.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini