nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Situs Pemerintah Kabupaten Bireun Diretas Hacker

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 15:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 10 207 1962138 situs-pemerintah-kabupaten-bireun-diretas-hacker-BTEBNEE6tC.jpg (Foto: Screenshot)

JAKARTA - Situs milik pemerintah Kabupaten Bireuen, Aceh menampilkan latar belakang hitam dengan teks 'Hacked By ./Sn00py'. Tampilan halaman website tampaknya mengalami deface atau diretas, sehingga berubah dari tampilan website pada umumnya.

"Guess who's Back? N45HT - Eldersc0de Family - PacmanCorp - RSFLT - ZeroByte.ID - LamonganXploiter," tulis tampilan website www.bkpsdm.bireuenkab.go.id yang terpantau pada hari ini, Rabu (10/10/2018).

Uniknya, tampilan website menunjukkan akun Twitter https://twitter.com/NRP_Saotome. Akun Twitter dengan gambar manga atau anime Jepang itu memiliki followers mencapai 49 akun. Tidak diketahui identitas pemilik akun tersebut.

Sekadar informasi, deface merupakan serangan pada website yang mengubah tampilan visual dari sebuah situs atau halaman web. Ini dilakukan oleh defacers, yang membobol server web dan mengganti situs web yang di-hosting.

 

Baca juga: Usung Baterai Jumbo, Ini Perbedaan Realme 2 dan Realme 2 Pro

Defacement umumnya dimaksudkan sebagai semacam grafiti elektronik dan seperti bentuk-bentuk vandalisme lainnya, juga digunakan untuk menyebarkan pesan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini