nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perangi Akun Palsu, Instagram Hadirkan Otentikasi Dua Faktor Berbasis Aplikasi

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 16:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 10 207 1962189 perangi-akun-palsu-instagram-hadirkan-otentikasi-dua-faktor-berbasis-aplikasi-QHzU70Kktv.jpg (Foto: AOL.com)

JAKARTA - Instagram kini mengaktifkan otentikasi dua faktor di platform-nya yang bertujuan untuk menghindari adanya akun palsu. Langkah tersebut juga diklaim untuk memastikan pengguna dan profil bisnis tidak adanya double akun yang dapat dipastikan fake.

Dilansir BGR.In, Rabu (10/10/2018), otentikasi dua faktor juga dapat memastikan kemanan akun yang dimiliki. Sementara Instagram memiliki dukungan otentikasi dua faktor non-SMS, layanan Facebook juga telah mengumumkanya pada September kemarin yang menambahkan otentikasi dua faktor non-SMS pada aplikasinya.

Upaya tersebut dijelaskan sebagai langkah untuk memastikan bahwa peretas yang menggandakan layanan SIM tidak dapat memperoleh akses ke akun Anda. Otentikasi dua faktor tersebut telah diluncurkan pada minggu lalu dan sekarang bisa digunakan untuk semua pengguna.

Dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor, pengguna Instagram secara teknis menambahkan pemeriksaan tambahan ke akun mereka. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah satu-satunya orang yang mengakses akun Anda dan itu pasti jauh lebih aman daripada otentikasi dua faktor berbasis SMS yang sebelumnya ditawarkan oleh layanan.

Dengan otentikasi dua faktor pengguna Instagram akan dapat mengautentikasi sendiri menggunakan aplikasi otentikasi yang menghasilkan kode atau mengirim pengguna prompt untuk membuktikan bahwa mereka sebenarnya yang masuk ke akun. Proses pengaktifan otentikasi dua faktor berbasis aplikasi menambahkan lapisan perlindungan yang lebih kuat.

 

Cara mengaktifkan otentikasi dua faktor di Instagram yakni dengan membuka Instagram dan arahkan ke menu Pengaturan. Gulir ke bawah ke otentikasi Dua-faktor dan di sana Anda akan melihat dua opsi toggle, satu untuk pesan teks dan yang lain untuk aplikasi otentikasi. Dari sini, pilih aplikasi autentikasi dan lanjutkan.

Baca juga: WhatsApp Cegah Hacker Meretas Pengguna Melalui Video Call

Langkah kedua, pada layar berikutnya, Instagram akan mendeteksi aplikasi otentikasi yang ada yang tersedia di perangkat Anda atau mengundang Anda untuk mengunduhnya. Google Authenticator tampaknya menjadi opsi default, tetapi ada opsi lain seperti Microsoft Authenticator dan Authy untuk beberapa nama.

Pengguna Instagram juga dapat mengatur otentikasi dua faktor secara manual dengan mengikuti opsi pilihan.

 

Baca juga: Qualcomm Snapdragon 8150 Tak Berbeda Jauh dengan Snapdragon 845?

Setelah diaktifkan, Instagram akan meminta Anda untuk mengotentikasi perangkat Anda sekarang tetapi tidak perlu bagi Anda untuk melakukannya setiap kali untuk perangkat terpercaya, setelah itu telah diautentikasi. Setiap kali Anda login ke perangkat baru, platform akan meminta kode tambahan untuk memastikan bahwa Anda masuk ke perangkat dengan aman.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini