nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TV dan Kamera Sharp Berteknologi 8K Meluncur Tahun Depan?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2018 15:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 10 57 1962137 tv-dan-kamera-sharp-berteknologi-8k-meluncur-tahun-depan-HIw4RdNloN.jpg Ilustrasi (Foto: PC Mag)

JAKARTA - Perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp akan meluncurkan perangkat dengan teknologi resolusi 8K pada 2019. Tidak hanya untuk perangkat televisi namun juga kamera dan CCTV.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia, Andri Adi Utomo saat peluncuran Azan TV, Rabu (10/10/2018), di Jakarta.

"8K ini merupakan lompatan teknologi, banyak teknologi yang akan mengikuti teknologi 8K. Kulit itu bisa lebih detail, tidak perlu ke dokter dari foto saja dokter bisa mendeteksi penyakitnya apa. Kemudian untuk security itu cepat menangkapnya. Sekarang ini kita sedang buat TV dan kameranya,” kata Andri.

Dia melanjutkan, jika pengadaan kedua perangkat ini saling berkesinambungan. Pasalnya, menurut dia untuk meluncurkan perangkat TV dengan resolusi 8K juga harus meluncurkan kamera 8K.

"Kalau TV-nya 8K, dan kameranya masih 4K itu gak bisa. Tidak hanya TV kita juga akan meluncurkan kamera, monitor, CCTV dan lainnya," kata dia.

Lebih lanjut, dia menjelaskan jika untuk saat ini perangkat masih dalam proses pengembangan dan dikenal dengan istilah 8K ekosistem. Sementara itu, untuk ketersediaan perangkat, dia mengatakan jika Sharp akan meluncurkan perangkat tersebut tahun depan secara global, bahkan di Indonesia.

Sharp

Baca Juga: Sharp Luncurkan Azan TV dengan Fitur Pengingat Salat 5 Waktu

Saat ini, lanjut dia di Jepang pun baru tersedia prototipe-nya. "Saya sudah lihat prototipe-nya, seluruh tubuh kita bisa terlihat saat di zoom, ngeri," katanya.

Tidak hanya sampai di situ, dia juga mengatakan jika perangkat dengan teknologi 8K yang dibuat Sharp juga akan mendungkung Olimpiade Musim Panas 2020, yang dilaksanakan pada 12 Juli-9 Agustus 2020, di Tokyo, Jepang.

"Jadi nanti saat Olimpiade tidak usah pakai polisi, bisa menggunakan CCTV yang bisa menjangkau lebih jauh,” kata dia.

Untuk informasi, teknologi dengan resolusi 8K merupakan yang tertinggi hingga 7.680 x 4.320 dan akan menggantikan resolusi 4K. Resolusi ini juga dikenal dengan istilah UHDTV.

Kemudian, 8K juga mengacu pada resolusi horizontal format-format turunannya yang berada di tataran 8.000 piksel.

Sharp memperkenalkan TV LCD dengan teknologi ini pertama kali dalam gelaran International Consumer Electronics Show (CES) pada 2012. Disusul Panasonic pada IFA 2012 dan LG pada IFA 2014.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini