Internet Akan Alami Gangguan, Kominfo Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 17:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 54 1963259 kominfo-angkat-bicara-soal-internet-mati-yang-bedampak-ke-130-negara-1KLfuwEG4f.jpg Ilustrasi penggunaan internet (Foto: Okezone)

JAKARTA- Pemeliharaan server oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang berdampak ke-130 negara. mendapat tanggapan langsung dari Kominfo yang meminta seluruh pengguna untuk tenang dan tidak perlu khawatir terkait kabar tersebut.

Dengan demikian, Kemkominfo mengimbau ISP di Indonesia yang belum menggunakan DNS (Domain Name System) Resolver terbaru agar tetap waspada sehingga perbaikan tersebut tidak akan berdampak.

“Pengguna internet tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan apa-apa, jika terjadi anomali harap hubungi isp/provider yg mengelola DNS resolvernya untuk memastikan berjalan dengan baik,” kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam wawancara dengan Okezone, Jumat (12/10/2018)

Domain Name System (DNS) yang akan berdampak yakni yang berfungsi mencari alamat IP dari nama domain yang dituju. DNS Revolver yang dimaksud antara lain milik Interner Service Provider dan Google. ISP yang menjalankan DNS resolver harus memastikan bahwa keys root di server DNS Resolver mereka di update.

 Hal yang sama juga diungkap  Ketua Umum Pandi (Pengelola Nama Domain Indonesia) Andi Budimansyah yang meminta pengguna internet di Indonesia tidak perlu mengkhawatirkan isu yang beredar.

"Pergantian root server ICANN ini telah diantisipasi oleh pengelola nama domain di seluruh dunia sejak 2 tahun lalu," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini