nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditemukan Fosil Bayi Monster Laut Berumur 85 Juta Tahun

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 14:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 56 1963102 ditemukan-fosil-bayi-monster-laut-berumur-85-juta-tahun-gtzfVqmMti.jpg Fosil Bayi Monster hewan laut (foto: Livescience)

JAKARTA – Ditemukan fosil bayi Tylosaurus di Kansas. Diperkirakan sudah berumur 85 juta tahun yang lalu. Butuh waktu yang lama untuk mengidentifikasi golongan makhluk apa fosil ini.

Dilansir dari laman live science, Jumat (12/10/2018), Ahli Paleontologi memeriksa potongan-potongan kecil dari moncong, makar dan rahang atas makhluk itu. Satu-satunya fosil hewan yang mereka temukan.

Ketika sisa-sisa fosil kecil ditemukan oleh anggota Smoky Hill Chalk di Kansas barat, pada tahun 1991 para peneliti mengira itu adalah Platecarpus. Jenis Mosasaur berukuran sedang ini memiliki moncong bundar yang pendek dan bisa tumbuh sekira 20 kaki(6 meter).

 

Namun, analisis baru mengungkapkan bahwa sisa-sisa fosil yang ditemukan milik jenis yang jauh lebih besar, Tylosaurus. Menurut pemimpin peneliti studi Takuya Konishi, asisten professor pendidik di Departemen Ilmu Biologi di Universitas Cincinnati. Monster mosasaur ini bisa tumbuh sekira 42 kaki (13 meter) panjangnya atau hampir sepanjang semitrailer.

Beberapa petujuk lain menunjukkan bahwa fosil bayi dinosaurus ini adalah tylosaurus, salah satu mosasaurus terbesar yang berenang di Western Interior Seaway. Jalur air raksasa yang meliputi sebagian besar Midwest AS dan Selatan dari sekitar 100 juta hingga sekitar 75 juta tahun lalu.

Petunjuk terbesar adalah moncong bayi dinosaurus yang baru lahir itu. Tylosaurus terkenal dengan moncong panjangnya, yang mempunyai gigi tajam, kecuali di ujungnya. Namun, bayi mosasaur tidak memiliki ujung yang tidak bergigi dan berbentuk kerucut di moncongnya. Analisis intensif mengungkapkan bahwa makhluk itu memiliki bagian yang ompong di moncongnya.

 

Selain itu, otak fosil yang baru lahir itu tampak seperti Tylosaurus, seperti gigi hewan yang ramping, jarak dan pola tata-letak giginya. Ketika itu hidup, tengkorak bayi itu akan berukuran sekira 1 kaki panjang (30 cm) dan seluruh tubuhnya akan membentang sekitar 7,2 kaki (2,2 meter) panjang, sekira seperenam ukuran orang dewasa.

Meskipun analisis intensif, bagaimanapun, Konishi dan rekan-rekannya tidak dapat menentukan spesies bayi apa yang telah mereka temukan. Ada dua spesies Tylosaurus yang dikenal dari waktu dan wilayah itu - T. nepaeolicus dan T. proriger, ada yang menebak spesies bayi mana yang menjadi miliknya, kata Konishi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini