nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Memotret dengan Bekal Fitur Kamera Pada Ponsel

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 10:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 57 1963427 tips-memotret-dengan-bekal-fitur-kamera-pada-ponsel-oSTETgwVUT.jpg Hasil Foto Samsung A9 (Foto: Pernita/Okezone)

KUALA LUMPUR - Semakin canggihnya kamera sekarang ini membantu menangkap momen menarik, tak terkecuali saat traveling. Bahkan tak dipungkiri kepopuleran kamera smartphone mampu menandingi kamera digital atau DSLR. Hingga dikenal dengan istilah mobile fotografi. Hal itu juga diakui oleh seorang fotografer Gesit Wisnu Pramono.

"Tak hanya dengan kamera, saat ini fotografi pun bisa menggunakan perangkat smartphone. Untuk traveling orang saat ini lebih mengedepankan menggunakan ponsel untuk memotret, Kemudian fleksibilitas menjadi salah satu alasan populernya mobile fotografi," kata dia saat ditemui dikawasan W Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/10/2018).

 

Bahkan menurutnya smartphone dan fotografi menjadi sebuah kebutuhan. Berbagai macam fitur di dalam ponsel menurutnya pun bisa digunakan dalam menambah nilai foto.

Seperti diketahui banyak ponsel saat ini semakin canggih dengan sistem dual kamera bahkan lebih yang mampu menampilkan foto bokeh, telepoto, hingga wide angle. Selain itu fitur dasar sepeti HRD dan pengaturan cahaya bisa digunakan.

 

"Eksplore semua fitur yang ada zoom, wide angle, bermain peka dengan jatuhnya cahaya khususnya street fotografi," kata dia.

Gesit juga menuturkan tips jitu saat mengambil foto dengan fitur HDR, yakni menggunakan timer serta fitur perintah suara yang ada di dalam ponsel. Kemudian, ultra wide angle untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih lebar.

"Harus hati-hati bisa menimbulkan distorsi, jadi harus hati-hati. Ultra wide ini mampu berfungsi pada ruang sempit, mempertegas dimensi pada foto, memberi kesan tersendiri dalam foto," kata dia.

Dia menambahkan, "Wide angle bisa lebih lebar dan memberikan elemen-eleman lain diluar objek utama."

Lebih lanjut, dia juga menambahkan beberapa tips jitu lainnya untuk mobile fotografi, yakni foto objek dengan rentan waktu yang berbeda, gunakan aplikasi editing, bermain angle dengan komposisi, serta bermain free yang mampu menyampaikan kedalaman atau pesan foto. Kemudian juga perhatikan leading lines, rule of third, background atau foreground, center composution dan simetris.

"Kalian harus peka dengan objek dan peka dengan garis atau pola-pola disekitar kalian untuk mengarah ke objek pertama," katanya.

 

Terlebih dia mengatakan jika tidak ada aturan paten dalam mengambil atau menempatkan objek foto agar menjadi menarik.

"Jangan takut mau nempatin, gak ada yang salah soal fotografi. Menurut gue fotografi adalah bagian dari seni yang gak bisa diutak-atik," pangkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini