4 Situs untuk Menguji Kecepatan Internet, Apa Saja?

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 14 207 1963846 4-situs-untuk-menguji-kecepatan-internet-apa-saja-Gs5tTUOBwP.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kecepatan internet yang menurun seringkali membuat pengguna kesulitan dalam mengakses informasi dan menggunakan media sosial. Dilansir laman Digital Trends, Minggu (14/10/2018) terdapat list yang memuat situs untuk menguji seberapa tinggi kecepatan internet yang Anda gunakan.

1. Speed Of Me

Merupakan pengujian berbasis HTML5 yang ringan dan dirancang untuk mencatat kecepatan pengunduhan. Situs tersebut tidak hanya menampilkan beberapa grafik kecepatan, tetapi juga memungkinkan untuk melacak hasil terhadap tes sebelumnya.

Dalam situs tersebut terdapat speed smart yang menyediakan unduhan, upload dan informasi koneksi internet Anda. Speed smart juga menyediakan aplikasi yang dapat Anda unduh dan jalankan untuk menyimpan riwayat lengkap mengenai hasil.

 

Baca juga: YouTube Bakal Beri Sanksi untuk Konten Video Duplikat

2. TestMy.net

TestMy.net menjalankan serangkaian pengujian dan menyediakan banyak data perbandingan yang bermanfaat. Terdapat opsi terpisah untuk mengunduh dan mengunggah tes.

TestMy.net juga menampilkan grafik dengan koneksi Anda dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat melihat apakah mengalami masalah dalam konektivitas internet Anda.

 

Baca juga: Snapchat Luncurkan Filter Baru untuk Pecinta Kucing

3. Speedtest.net

Speed test merupakan teknologi cepat yang mengambil server terdekat dan menjalankan tes penuh dan mengembalikan informasi tentang unggah dan unduh kecepatan, latensi dan kehilangan paket.

Anda dapat mengisi survei setelah tes selesai dilakukan dengan menjawab pertanyaan mengenai kecepatan yang memungkinkan pengembang untuk mengumpulkan basis data dari informasi koneksi konsumen yang dapat dilihat dan dikelompokkan berdasarkan wilayah.

4. Internet Health Test

Internet health test membutuhkan waktu lebih lama daripada tes berbasis web lainnya dikarenakan pengujian ini sangatlah teliti. Tes ini menjalankan koneksi Anda melalui tantangan server dan infrastruktur untuk melihat bagaimana hal itu dilakukan dalam berbagai situasi.

Jangan khawatir mengenai kecepatan rata-rata dalam test ini, mungkin lebih rendah daripada tes Anda yang lain. Sebaliknya, lihat konfigurasi yang berbeda yang dijalankan untuk melihat seberapa baik koneksi Anda dalam berbagai pengaturan server.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini