nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PlayStation 4 Crash Gara-Gara Pesan Berbahaya, Ini Cara Mengatasinya

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 14 326 1963825 playstation-4-crash-gara-gara-pesan-berbahaya-ini-cara-mengatasinya-UEP2ZqyCSw.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Banyak pemilik PlayStation 4 (PS4) di media sosial memperingatkan pesan yang berisi serangkaian karakter yang dilaporkan dapat menyebabkan konsol Sony rusak. Di beberapa kasus, konsol ini rusak sehingga pengguna melakukan pengembalian ke pabrik untuk diperbaiki.

Dilansir dari laman The Verge, Minggu (14/10/2018), pengguna bisa melihat bug seperti di platform seluler, ada pesan tertentu dan karakter aneh yang dapat menyebabkan konsol menjadi tidak stabil. Jika laporan dari pengguna benar, kemungkinan Sony akan bertindak cepat untuk meluncurkan firmware system baru untuk menghilangkan masalah ini.

Untuk menghindari kerusakan pada konsol PS4 ini, berikut adalah beberapa langkah yang dapat pengguna lakukan untuk mellindungi konsol dari penerimaan pesan yang berupa virus. Jika pengguna menerima pesan tersebut, hapus dari aplikasi Sony PlayStation Messages untuk Android atau iOS.

 

Ada laporan, menghapus pesan dengan aplikasi ponsel pintar Sony sebelum menyalakan konsol dan masuk ke PS Network, ini efektif untuk menghindari masalah. Aplikasi messaging PS4 bisa diunduh secara gratis yang tersedia di Android dan iOS.

Batasi pesan PS4 yang hanya bisa menerima pesan dari teman Anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara, dari browser web, Anda dapat mengunjungi website sonyentertainmentnetwork.

Baca juga: YouTube Bakal Beri Sanksi untuk Konten Video Duplikat

Masuk dengan kredensial akun PS4 Anda. Pilih 'Personal Info | Messages' dan kemudian pilih tombol edit dekat Messages. Dari sini, anda dapat memilih siapa saja, hanya teman atau tidak ada.

Jika Anda menemukan PS4 bertindak tidak semestinya bahkan setelah menyingkirkan pesan, Anda mungkin ingin memboot konsol dalam safe mood dan membangun kembali basis data. Proses ini seharusnya tidak memengaruhi data apapun yang disimpan.

 

Baca juga: Fosil Siput Terjebak di Resin Pohon Berumur 99 Juta Tahun

Opsi ini berguna untuk membersihkan data pada PS4 Anda karena mengatur ulang semua yang ada di hard drive. Pilih opsi ini jika Anda mengalami masalah seperti konsol tidak dapat bekerja secara normal.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini