nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecanduan Game Ganggu Anak-Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 10:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 14 326 1963887 kecanduan-game-ganggu-anak-anak-mengerjakan-pekerjaan-rumah-Cr2WoRkJmz.jpg Ilustrasi (Foto: BT.com)

JAKARTA - Menggunakan gadget yang di dalamnya terdapat aplikasi dan game yang mengasyikan memang dinilai dapat memperbaiki mood dan menghilangkan kejenuhan. Namun, Dua pertiga orangtua mengatakan bahwa anak-anak mereka telah menjadi budak layar yang selalu terpaku pada gadget.

Dilansir laman Daily Star, Minggu (14/10/2018), seperempat di antaranya berargumen bahwa dengan mematikan gadget membuat anak-anak berinteraksi di dunia nyata dan melakukan hal lainnya dibandingkan bermain game. 54 persen orangtua juga mengklaim ingin memiliki kontrol terhadap kegiatan online anak mereka untuk menciptakan gaya hidup yang lebih seimbang.

Penelitian yang dilakukan oleh BT Whole Home Wi-Fi menemukan 72 persen dari orangtua yang memiliki anak usia 7-18 tahun mengklaim bahwa ketika anak mereka melakukan pekerjaan rumah, mereka akan menggunakan internet untuk mencari jawabannya dan 50 persen orangtua berpikir hal tersebut akan memakan waktu lebih lama dalam hal penyelesaian tugas karena adanya hal hal yang mengganggu seperti permainan, PlayStation dan Xbox.

 

Sekira 25 persen orangtua juga sering mengalami perdebatan dengan anak-anak mereka ketika mematikan perangkat pada waktu tidur tiba. Hanya 48 persen anak-anak akan meninggalkan internet ketika orangtua mereka bertanya dan 33 persen anak berusia 10-16 tahun mengatakan bahwa mereka telah mematikan perangkat ketika hendak tidur.

Penelitian baru menunjukkan bahwa hal favorit anak-anak untuk dilakukan dengan waktu luang adalah online, dengan 82 persen anak berusia 14 tahun memilih untuk membuka YouTube.

Baca juga: YouTube Bakal Beri Sanksi untuk Konten Video Duplikat

Namun, terdapat juga langkah yang dapat dilakukan orangtua untuk membatasi kegiatan anak yakni dengan meyepakati waktu dengan anak-anak, kapan waktu yang dapat disepakati untuk online.

 

Baca juga: PUBG Gandeng PayPal untuk Basmi 'Cheat'

Selanjutnya tentukan batasan dalam bermain internet, awasi mereka ketika melakukan online sehingga tidak menggunakan internet yang salah dan berikan contoh di depan anak-anak Anda penggunaan perangkat smartphone yang baik sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini