Teleskop Chandra Milik NASA Dimatikan Pasca Hubble

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 14 56 1963903 teleskop-chandra-milik-nasa-dimatikan-pasca-hubble-ft1dCFKkdN.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA โ€“ Chandra X-ray Observatory telah beralih ke mode aman dan menghentikan semua operasi sainsnya beberapa hari setelah Hubble mati karena kegagalan giroskop. Kabarnya, transisi Chandra ke mode aman mungkin dipicu oleh masalah yang juga ada hubungannya dengan giroskop.

Dilansir dari laman Engadget, Minggu (14/10/2018), Chandra masuk ke mode aman pada 10 Oktober pukul 10:55 waktu setempat. Ini mulai menggunakan perangkat keras cadangannya setelah mati dan menggeser panel surya untuk mendapatkan sinar matahari maksimum.

Observatorium Chandra menggunakan teknologi X-ray untuk mengawasi lubang hitam dan sisa-sisa supernova. Seperti Hubble, Chandra itu seharusnya berlangsung selama 5 tahun, tetapi sudah beroperasi selama 19 tahun terakhir.

ย 

Baca juga: Google Luncurkan Fitur Keamanan Internet untuk Anak

Investigasi masih berlangsung, tetapi astronom Chandra, Jonathan McDowell mengatakan itu hanya kebetulan bahwa kedua observatorium terkenal runtuh hampir pada waktu yang bersamaan.

Baca juga: Facebook Luncurkan Fitur Baru untuk Ngobrol dengan 250 Orang

NASA tampaknya yakin bahwa teleskop dapat kembali beroperasi normal, dan berharap dapat โ€œterus melakukan ilmu pengetahuan terdepan selama bertahun-tahun yang akan datang".

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini