Uji Ketahanan Baterai Galaxy Note 9 vs iPhone XS Max, Mana Lebih Unggul?

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 13:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 15 57 1964155 uji-ketahanan-baterai-galaxy-note-9-vs-iphone-xs-max-mana-lebih-unggul-O0fxge04E8.jpg Ilustrasi (Foto: Slashgear)

JAKARTA – Segala fitur canggih di smartphone tak akan berguna jika tidak didukung kemampuan baterai yang bisa bertahan lama. Oleh karenanya kini, pihak OEM (Original Equipment Manufacturer) diminta untuk dapat membuat baterai ponsel dengan kapasistas lebih besar.

Tahun ini, iPhone XS Max dan Samsung Galaxy Note 9 bersaing dalam hal kekuatan baterai. Lalu mana di antara keudanya yang lebih baik?

Dilansir dari laman Slashgear, Senin (15/10/2018), banyak yang berasumsi bahwa Samsung Galaxy Note 9 akan bertahan lebih lama ketimbang iPhone XS Max. Sebab, Galaxy Note 9 memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh sedangkan iPhone XS Max 3.174 mAh.

 Spesifikasi

Baca Juga: Pengembang Game 'Fornite' Gugat Seorang YouTuber, Kenapa Ya?

Apple mengklaim dengan chip A12 Bionic, prosesor pertama 7nm yang dimilikinya mampu menghemat energi baterai lebih baik daripada Snapdragon 845 di Samsung Galaxy Note 9. Ponsel besutan Apple itu juga terkenal mampu memaksimalkan masa pakai baterainya.

Namun, klaim berbeda datang dari akun YouTube PhoneBuff yang telah melakukan serangkaian tes pada kedua ponsel tersebut. Channel tersebut melakukan serangkaian pengetesan selama 8 jam mulai dari panggilan telepon, media sosial, browsing, dan bermain game. Hasilnya, iPhone XS Max mati, sedangkan Galaxy Note 9 masih memiliki 37 persen baterai tersisa.

Kendati demikian, tes baterai tentu saja merupakan salah satu hal tersulit untuk diuji dalam ponsel cerdas, karena kasus penggunaan setiap orang dapat bervariasi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini