Share

Ini Penyebab YouTube Down Lebih dari 1 Jam

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 17 207 1965165 ini-penyebab-youtube-down-lebih-dari-1-jam-laCrrAvvK0.jpg (Foto: Reuters/Cbsnews)

JAKARTA - YouTube dilaporkan mengalami down pada hari ini yang membuatnya tidak dapat menampilkan video untuk pengguna di seluruh dunia. Kabarnya, gangguan layanan secara masif meliputi wilayah timur laut Amerika Serikat (AS) dan sebagian wilayah pantai Barat dan Timur.

Gangguan juga dialami para pengguna di Australia, Meksiko, Brasil dan wilayah negara-negara Uni Eropa serta Indonesia.

Dilansir dari Cbsnews, Rabu (17/10/2018), YouTube, website yang paling banyak dikunjungi di dunia mengalami pemadaman di berbagai platform pada malam Selasa lebih dari 1 jam. Layanan milik Google ini mengumumkan via Twitter terkait laporan masalah akses YouTube, YouTube TV dan YouTube Music.

 

CNET melaporkan bahwa pengguna mencoba untuk mengakses video atau mengunggah konten namun menemukan pesan error. Pemadaman itu dimulai pada 9 p.m. ET dan layanan itu tampaknya mulai pulih setelah 10:30 p.m. ET.

YouTube sempat mengatakan bahwa pihaknya, "Sedang berusaha menyelesaikan masalah ini dan akan memberi tahu Anda jika sudah diperbaiki. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan dan akan membuat Anda terus diperbarui".

Perusahaan mengumumkan pada 11 p.m. bahwa "Kami kembali!" dan berkata "Jika Anda terus mengalami masalah, tolong beri tahu kami". Tidak ada penjelasan langsung tentang penyebab pemadaman itu.

Baca juga: YouTube Dilaporkan Down, Ini Reaksi Warganet

Ada beberapa kesalahan server yang diperhatikan pengguna selama pemadaman, termasuk pesan kesalahan 503 dan 500.

Apa artinya Error 503? Meskipun sebagian besar pengguna sudah mengenal 404 - halaman tidak ditemukan - pesan kesalahan 503 berarti "layanan tidak tersedia." Umumnya, pesan ini ditampilkan ketika server kelebihan beban dan tidak dapat menangani volume lalu lintas yang mencoba untuk mengaksesnya.

Baca juga: Layanan YouTube di Seluruh Dunia Dilaporkan Down

Kesalahan 503 biasanya dikaitkan dengan kondisi sementara. Sedangkan '500 Internal Server Error' muncul di beberapa halaman pada Selasa malam, ketika mengunjungi akun YouTube individu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini