Tak Hanya Teknologi, Paul Allen Juga Pecinta Musik dan Olahraga

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 18 207 1965647 tak-hanya-teknologi-paul-allen-juga-pecinta-musik-dan-olahraga-izHoQWcDxR.jpg Pendiri Microsoft, Paul Allen (Foto: Times Live)

JAKARTA - Paul Allen merupakan salah satu miliarder kelas dunia. Ia telah membeli tim olahraga, pesawat, hingga salah satu mega-yacht terbesar di dunia.

Tak hanya itu, ia juga merupakan sosok dermawan. Allen dikabarkan telah mendonasikan uangnya sekira Rp4,3 miliar untuk para tunawisma.

Selain itu, ia juga membayar ekspedisi untuk menemukan bangkai kapal perang yang hilang, mendanai penelitian penyakit otak dan membuka museum yang didedikasikan untuk idolanya, Jimi Hendrix.

Dia adalah seorang pengusaha yang aktif juga. Allen memulai beberapa perusahaan teknologi dan berinvestasi di awal AOL dan Ticketmaster.

"Saya sekarang mengerti bahwa hidup terlalu singkat untuk menghabiskannya dengan tidak senang," kata Allen dalam buku biografinya, Idea Man.

Allen juga dikenal sebagai pendiri Microsoft bersama dengan Bill Gates, yang merupakan juniornya di sekolah menengah pertama. Menurut Gates, Allen merupakan sosok yang jenius dan guru yang baik baginya.

 "Dia memiliki pikiran yang luas dan bakat khusus untuk menjelaskan subjek yang rumit dengan cara yang sederhana. Karena saya cukup beruntung untuk mengenalnya sejak usia muda, saya melihat hal itu sebelum seluruh dunia melakukannya," kata Gates seperti dilansir dari laman The Atlantic, Kamis (18/10/2018).

Bill Gates dan Paul Allen

Baca Juga: Bill Gates Mengenang Pertama Kali Bertemu Paul Allen

Gates juga mengungkapkan jika Allen merupakan sosok yang 'keren'. Pasalnya, selain sebagai orang yang selalu berkutat dengan teknologi. Allen juga menyukai musik, bahkan ia merupakan penggemar berat Jimi Hendrix. Jimi merupakan salah satu gitaris dan penyanyi asal Amerika yang populer pada zamannya.

"Dia benar-benar menjadi Jimi Hendrix sebagai remaja, dan aku ingat dia bermain. Saya tidak berpengalaman dalam banyak hal saat itu, dan Paul ingin berbagi musik yang luar biasa ini dengan saya. Dia tipe orang seperti itu. Dia mencintai kehidupan dan orang-orang di sekitarnya," kata Gates.

Tidak hanya musik, menurut Gates, sosok Allen juga menyukai bidang olahraga. Seperti diketahui, Allen bahkan membeli tim olahraga Portland Trail Blazers.

"Ketika saya berpikir tentang Paul, saya ingat seorang pria yang bergairah yang memegang keluarga dan teman-temannya. Saya juga ingat seorang teknolog dan filantropis brilian yang ingin mencapai hal-hal hebat, dan melakukannya. Paul layak mendapat lebih banyak waktu dalam hidup. Dia akan memanfaatkan itu. Aku akan sangat merindukannya," pungkas Gates.

Microsoft

Baca Juga: Teknologi Chatbot Mudahkan Pelayanan Rumah Sakit hingga E-Commerce

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini