Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Berencana Meluncurkan 'Bulan' Buatan ke Luar Angkasa

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 18 56 1965923 china-berencana-meluncurkan-bulan-buatan-ke-luar-angkasa-UGK2G7EaBY.jpg (Foto: Anadolu/Mirror)

JAKARTA – China berencana meluncurkan satelit ke luar angkasa yang akan menerangi seluas 80 kilometer daratan di bawahnya. Bulan buatan kabarnya mampu menggantikan penerangan jalan dan telah dikembangkan beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Mirror, Kamis (18/10/2018), cahaya yang dihasilkan oleh satelit akan delapan kali lebih terang daripada bulan asli. Namun tidak seperti bulan asli, hasilnya dapat dikontrol dan dapat disesuaikan untuk menerangi antara 10 kilometer dan 80 kilometer.

Satelit itu akan difokuskan di kota Chengdu, salah satu dari 3 kota terpadat di China barat sekira 14,5 juta orang tinggal di wilayah tersebut. Proyek ini telah dikembangkan oleh lembaga penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi system Mikroelektronika Chengdu yang mengharapkan peluncuran satelit pada 2020.

Dampak dari bulan buatan ini seperti cahaya malam yang terang dan akan mempengaruhi satwa liar di daerah tersebut. Kabarnya, meskipun cahaya seperti senja dianggap cukup mirip dengan bulan asli serta tidak memiliki dampak negatif.

Baca juga: Honor 8X Bakal Rilis 7 November, Intip Bocorannya

Tidak hanya terkait bulan buatan, China juga memiliki rencana untuk meluncurkan misi yang akan menjelajahi sisi ‘gelap’ bulan, yang tidak pernah dilihat oleh Bumi.

Baca juga: WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Baru agar Liburan Anda Tak Terganggu

Tantangan teknis sangat sulit karena berkomunikasi dengan pesawat luar angkasa di sisi jauh bulan tidak mudah. Namun China telah meluncurkan pengorbit, yang disebut Queqiao, yang akan memungkinkan komunikasi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini