NASA Beri Nama Rasi Bintang Baru 'Hulk' dan 'Godzilla'

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 22 56 1967367 nasa-beri-nama-rasi-bintang-baru-hulk-dan-godzilla-cZ9Umm657k.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA menamakan rasi bintang baru, The Incredible Hulk dan Godzilla. Dalam perayaan ulang tahun ke-10 dari NASA Fermi Gamma-ray Space Telescope, NASA telah menyebutkan 21 rasi bintang gamma yang baru.

NASA memutuskan untuk memberi nama konstelasi, Godzilla karena kekuatannya mirip dengan pancaran sinar gamma yang dipancarkan bintang-bintang dalam konstelasi.

Ketika menjelaskan lebih jauh tentang sains di balik pancaran sinar gamma, NASA menulis, "Ketika sebuah bintang besar kehabisan bahan bakar dan runtuh karena beratnya sendiri, atau ketika dua bintang neutron yang mengorbit berputar bersama dan bergabung, sebuah lubang hitam baru dan kecepatan tinggi jet mungkin terbentuk”.

 

Baca juga: Samsung Bakal Ciptakan Ponsel Gaming dengan Snapdragon 845?

Hasilnya adalah ledakan sinar gamma, ledakan paling kuat di alam semesta. Ledakan mengerikan ini, yang terjadi di suatu tempat di alam semesta yang jauh setiap hari atau lebih menurut pengamatan oleh Fermi Gamma-ray Burst Monitor.

Dilansir Cnet, Senin (22/10/2018), rasi bintang tidak didasarkan pada bintang yang ada, namun didasarkan pada sinar gamma seperti yang diamati oleh teleskop Fermi. Sebagai informasi, menurut NASA, sinar gamma adalah bentuk cahaya terkuat, mereka memadati cukup banyak pukulan untuk berubah menjadi materi dalam situasi yang tepat.

 

Baca juga: Xiaomi Mi Lite 8 Hadir dengan Warna Baru, Seperti Apa?

Namun penamaan Hulk bukan satu-satunya referensi yang diambil dari budaya pop oleh pihak NASA. Ada juga konstelasi sinar gamma yang diberikan nama Mjolnir, Palu Thor, dan Tardis dari program televisi Doctor Who.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini