Twitter Hapus Lebih Banyak Akun Terkait Infowars 'Alex Jones', Kenapa?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 23 Oktober 2018 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 23 207 1967711 twitter-hapus-lebih-banyak-akun-terkait-infowars-alex-jones-kenapa-WDutXPnMSo.jpg Alex Jones (Foto: Reuters)

JAKARTA - Twitter telah mengkonfirmas bahwa pihaknya telah menghapus lebih banyak akun yang berafilasi dengan Infowars pada 22 Oktober 2018. Infowars merupakan situs pakar teori konspirasi AS Alex Jones.

Dilansir dari laman Reuters, Selasa (23/10/2018) tepatnya perusahaan milik Jack Dorsey tersebut secara permanen menghapus 18 akun. Pasalnya akun-akun tersebut telah berupaya untuk membantu Infowars dan Jones menghindari larangan yang ditempatkan pada mereka oleh Twitter pada bulan September.

Bulan lalu, Twitter secara permanen melarang Jones dan Infowars dari platformnya. Pasalnya akun tersebut telah melanggar kebijakan perilakunya.

Twitter telah mengatakan saat itu bahwa akan mengevaluasi setiap laporan mengenai akun lain yang berpotensi terkait dengan Jones dan Infowars.

Twitter

Baca Juga: Update WhatsApp Hadirkan Beberapa Fitur Baru, Apa Saja?

Perusahaan teknologi seperti Apple Inc, Google induk Alphabet Inc dan Facebook Inc juga baru-baru ini melarang Infowars dan konten yang diproduksi oleh Jones sementara prosesor pembayaran PayPal Holdings Inc telah mengakhiri hubungan bisnisnya dengan situs web pada bulan September.

Jone memiliki nama lengkap Alexander Emerick "Alex" Jones, ia ahir di Dallas, Texas, Amerika Serikat, 11 Februari 1974. Lengkapnya, dia merupakan seorang penyiar radio Amerika, penulis, pembuat teori konspirasi dan pembuat film dokumenter. Pria 44 tahun tersebut populer dalam tayangan YouTube yang menghadirkan teori-teori konspirasi. 

Salah satu teori konspirasinya yang terkenal termasuk bahwa pembantaian sekolah Sandy Hook tahun 2012 adalah tipuan. Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi tuan rumah program radio sindikasi "The Alex Jones Show."

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini