Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembaruan Browser Firefox Tingkatkan Perlindungan Privasi

Anggita Nurlitasari, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 17:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 24 207 1968373 pembaruan-browser-firefox-tingkatkan-perlindungan-privasi-EB7SdbHFAk.jpg (Foto: Engadget)

JAKARTA - Mozilla dikabarkan sedang melakukan sesuatu mengenai iklan yang terlihat mengikuti Anda ketika membuka suatu web. Sebelumnya mungkin Anda pernah membuka situs belanja online dan ketika membuka web lain, iklan yang muncul di web tersebut berhubungan dengan yang sering Anda buka.

Dilansir laman Engadget, Rabu (24/10/2018), dengan adanya pembaruan Firefox, tindakan anti pelacakan sedang diterapkan yang akan mencegah situs web mengikuti Anda saat membuka situs yang lainnya. Versi terbaru dari Firefox 63 akan mengaktifkan perlindungan pelacakan yang ditingkatkan untuk memenuhi tuntutan pengguna yang menginginkan lebih banyak privasi.

Dengan pembaruan ini, pengguna secara khusus dapat memblokir cookie dan akses penyimpanan dari pelacak pihak ketiga. Sejak peluncuran Firefox Quantum, tim Mozilla telah memperhatikan lebih banyak pengguna yang beralih ke perlindungan pelacakan agar selalu aktif.

 

Baca juga: Ponsel Setipis Kartu ATM Bakal Dirilis Akhir November, Ini Wujudnya

Namun, dengan memblokir semua pelacakan akan menyebabkan banyak kesalahan dalam situs web dan Mozilla diharuskan untuk memperbaiki bug untuk memastikan laman dapat dimuat dengan benar. Mozilla tidak menentang iklasn sebagai sarana untuk menghasilkan pendapatan, tapi tampaknya pelacakan online telah menjadi terlalu invasif.

Baca juga: 5 Ponsel Android Terbaik Harga Rp500 Ribuan

Perlindungan pelacakan ditingkatkan yang baru ini akan memberi Anda manfaat karena tidak dilacak sementara tetap membiarkan situs mendapatkan beberapa pendapatan iklan. Awal bulan ini Mozilla mengumumkan akan bekerja sama dengan ProtonVPN untuk menguji layanan jaringan privat virtual baru seharga USD10 atau sekira Rp151 ribu per bulan.

Ada Firefox Monitor gratis, layanan yang akan memberi tahu Anda ketika kata sandi Anda telah disusupi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini