nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Shopee Kolaborasi dengan Facebook Ungkap Tren Belanja Online

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 24 Oktober 2018 17:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 24 207 1968414 shopee-kolaborasi-dengan-facebook-ungkap-tren-belanja-online-ONgNYnWEcx.jpeg Peresmian Shopee 11.11 Super Deal di The Energy Building, Jakarta (Foto: Pernita Hestin Untari/ Okezone)

JAKARTA - Shopee pada hari ini meresmikan program Super Deal 11.11 Big Sale yang berlangsung dari 25 Oktober hingga 11 November 2018. Ini merupakan festival belanja online tematik dari Shopee yang memberikan diskon besar-besaran menjelang akhir tahun.

Dalam festival belanja online akhir tahun ini, Shopee bekerjasama dengan Facebook terkait riset mengenai tren belanja online. Berdasarkan riset, konsumen online di Asia Tenggara dan Taiwan khususnya pengguna ponsel pintar menganggap jika Single Day sebagai bagian tak terpisahkan dari periode belanja akhir tahun. Tercatat 1,3 kali lebih banyak konversi pada 11 November di 6 pasar Asia Pasifik.

"Kerjasama dengan Facebook hari ini tentang riset data, bagaimana kita sharing bagaimana trend belanja dan trend e-commerce di Indonesia dan Asia Tenggara. Jadi dari Facebook yang presentasikan itu hasil dari Shopee dan Facebook," kata Director of Shopee Indonesia, Handhika Jahja di The Energy Building, SCBD, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

 Adapun beberapa hal yang dipresentasikan oleh pihak Facebook melalui Industry Lead, Digital Natives Facebook Arjun Sarwal perkembangan belanja online atau e-commerce tak terlepaskan dari penggunaan smartphone. Bahkan peningkatannya mencapai 82 persen tahun ini.

Shopee

Baca Juga: Fortnite Bakal Hadirkan Update Baru Fitur 'Redeploy Gliders'

Tak hanya sampai di situ, Arjun juga mengungkapkan jika sosial media juga memiliki peran penting dalam menentukan keputusan belanja online seseorang. Misalnya melalui rekomendasi di laman Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger.

Terlebih lagi, menurutnya format visual semacam gambar dan video mampu memberikan pendekatan yang baik ke konsumen. Misalnya melalui fitur instagram stories.

Presentase belanja online masyarakat meliputi 62 persen belanja alat rumah tangga, 69 persen belanja kebutuhan rumah tangga, kesehatan, dan personal care. Sementara itu pakaian hingga aksesoris mencapai 47 persen.

Sebagai informasi, pengguna aktif Facebook di Indonesia mencapai 115 juta orang setiap bulannya. Sementara itu, pengguna Instagram mencapai 45 juta orang setiap bulannya.

(ahl)

Berita Terkait

Shopee

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini