2019, Seluruh Kota dan Kabupaten Terhubung Jaringan Serat Optik

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 25 Oktober 2018 20:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 25 54 1969033 2019-seluruh-kota-dan-kabupaten-terhubung-jaringan-serat-optik-vaJ0PsT75Z.jpg (Foto: Reuters UK)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengumumkan mengenai capaian kerja selama empat tahun di Gedung Serbaguna, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2018). Adapun beberapa hal yang disampaikan di antaranya mengenai akses internet, BTS dan banyak lagi.

"Kami menyampaikan apa-apa yang akan dan sudah dilaksanakan oleh Pemerintah, khususnya di sektor kami. Kami menerima kritik karena kami bekerja dengan ekosistem, karena Kominfo tidak bekerja tanpa adanya ekosistem," kata Pria yang akrab disapa Chief tersebut.

Lebih lanjut, pencapaian disampaikan langsung oleh masing-masing Dirjen di Eselon 1 Kemkominfo. Seperti halnya dalam infrastruktur TIK di wilayah 3T (Terluar, Tertinggal, dan kawasan perbatasan) disampaikan oleh Direktur Utama Badan Aksesibilitas dan Informatika, Anang Latif.

 

Dia menyampaikan yang pertama yaitu capaian proyek pembangunan Palapa Ring yang merupakan pembangunan jaringan serat optik sepanjang 12 km untuk kota dan Kabupaten.

"Jadi ini proyek sebagai adanya internet cepat. Target kami di 2019 seluruh kota dan Kabupaten di Indonesia terhubung dengan jaringan serat optik dan tentunya tersedia dengan adanya internet cepat," kata dia.

Baca juga: 5 Ponsel Android Terbaik Harga Rp500 Ribuan

Adapun capaiannya dibagi menjadi 3 paket pekerjaan, barat 100 persen, tengah mencapai 98 persen, 78 persen di bagian timur.

Baca juga: 5 Smartphone Desain Tipis Terbaik Harga Rp1 Jutaan

"Kami berharap tiga hal ini dapat selesai tahun depan," lanjut dia.

Tak hanya sampai di situ, ia pun menjelaskan mengenai menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) saat ini mencapai 855 lokasi.

 

"Ini meliputi daerah perbatasan yang jadi prioritas utama, terutama ke depan masih banyak yang kita tutupi," imbuh dia.

Lebih lanjut, mengenai akses internet yang digunakan untuk sekolah, puskesmas, kantor desa, dan kecamatan, kantor pos dan pos polisi telah mencapai 2.787 lokasi, selanjutnya di perbatasan 39 lokasi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini