Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Era Digital, Saatnya Generasi Muda Ciptakan Konten Berkualitas

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 27 Oktober 2018 13:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 27 207 1969652 era-digital-saatnya-generasi-muda-ciptakan-konten-berkualitas-S6EHev0A9f.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menjadi YouTuber saat ini mungkin menjadi salah satu pekerjaan yang diidamkan oleh kaum milenial, tak terkecuali dua anggota channel YouTube JWestBros, Andy dan Victor. Bermula sebagai orang di balik layar, kedua pria 25 tahun tersebut akhirnya mantap menjadi YouTuber sekira dua tahun lalu.

Pada 18 Februari 2016, Victor dan Andy mengunggah video review makanan ringan populer di Indonesia, video itu sekaligus menandai debut JWestBros sebagai YouTuber.

"Sebelum kita bikin konten pribadi di YouTube tuh, kita orang belakang layar dua-duanya. Saya konten manager-nya salah satu YouTuber di Indonesia. Terus Andi itu dulunya kuliah film, Andi itu apa ya nentuin produksi bikin video-video gitu," kata Victor kepada Okezone.

Victor juga mengungkapkan jika menjadi orang di balik layar pada awalnya yang menuntun dia menjadi seorang YouTuber.

 

"Terus dulu kan kita suka bikinin konten orang-orang, jadi kita mikir kenapa gak bikin buat diri sendiri aja," kata dia.

Sementara itu, rekannya Andy menuturkan jika ia ingin mencoba hal baru dan kesukaan mereka pada makanan akhirnya menuntun mereka membentuk JWestBros. Selain itu, menurutnya berangkat dari passion yang berbeda juga tak menepis keinginannya menjadi YouTuber, Victor memiliki latar belakang interior dan dirinya film.

Lebih lanjut, konten travel dan food menjadi pilihan keduanya. Pada awal-awal karir, JwestBros memang hanya menampilkan konten food dengan konsep menjajal makanan dari mulai makanan ringan, street food, dan banyak lagi.

Namun, beberapa belakangan ini JWestBros mulai mengusung konsep Travel di beberapa videonya, yang pasti tak jauh mencicipi makanan di berbagai kota bahkan luar negeri.

Hal tersebut pun diakui oleh Victor, "Kalau bisa dibilang, travel itu baru satu setengah tahun ini ya. Awalnya kita cuma makanan-makanan doang. Terus sampai akhirnya kita pernah kerjasama sama salah satu brand buat bikin video travel sambil ngeliput makanan di sana. Ternyata traveling asik juga nih, apalagi kan travel masih deket banget sama makan. Ya, udah akhirnya kita food and travel aja deh, kayaknya itu asik banget, kita banget gitu".

Sebagai YouTuber, keduanya sadar jika saat ini banyak sekali orang yang berkecimpung di bidang tersebut. Menanggapinya, Andy mengatakan jika saat ini dunia YouTuber banyak menampilkan "drama".

"Terlalu banyak drama ya, jadi kita berusaha buat keluar dari drama dan fokus bikin konten positif aja," kata dia.

Saat ditanya mengenai "drama" yang dimaksud, Andy mengungkapkan jika saat ini JwestBros akan terus fokus pada konten yang ada dan tidak ingin mengikuti konten sensasional. Menurut dia, saat ini YouTuber banyak mengincar clickbait dengan konten sensasi.

 

"Lebih tepatnya gini sih, sekarang banyak orang ngelakuin hal bodoh biar untuk mengimpres penonton. Kayak bukan adu-aduan lagi seberapa bagus konten yang dibuat, tetapi sekarang sebodoh apa dibuat. Beda kalau zaman dulu itu berkarya gitu, terus kita lihat trending wah ada Youtuber baru yang kontennya bagus banget. Kalau sekarang itu yah drama lagi yah drama lagi gitu kan. Beda-beda sih," imbuh Victor.

Terlebih, Victor mengungkapkan jika saat ini fokusnya memberikan konten yang berkualitas untuk para subscriber-nya. "People deserve to watch a good content," kata Victor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini