Pesawat Lion Air JT 610 Jatuh, Kominfo Imbau Warganet Tak Sebar Hoaks

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 13:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 29 207 1970356 pesawat-lion-air-jt-610-jatuh-kominfo-imbau-warganet-tak-sebar-hoaks-6cKz7rfRUn.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pagi ini jatuh di kawasan Pantai Pakis Jaya, Perairan Tanjung, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Atas kejadian ini, informasi bermunculan di media sosial yang tentunya harus diwaspadai kebenarannya.

Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI mengumumkan agar warganet tidak menyebarkan informasi hoaks berkaitan dengan musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

Sehubungan dengan beredarnya sejumlah informasi hoaks terkait peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

 

1. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10).

 

2. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengimbau warga net Indonesia untuk TIDAK menyebarkan informasi HOAKS ataupun informasi yang bukan berasal dari sumber berwenang terkait dengan musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

 

3. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI juga mengimbau warga net untuk tidak menyebarkan foto-foto korban dari musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 melalui media apapun termasuk media sosial.

 

4. Kami ingatkan kembali bahwa setiap aktivitas kita di ruang siber (cyber space), termasuk aktivitas mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya Informasi hoaks diatur dengan UU RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

 

Sekadar informasi, total korban pesawat Lion Air JT 610 sebanyak 188 orang. Adapun rinciannya adalah 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak dan 2 bayi, selanjutnya 2 orang pilot dan 5 pramugari/pramugara.

Baca juga: Temuan Ponsel 'Terkoyak' di Antara Serpihan Lion Air JT610

Dalam laporan perjalanan dari Lion Air juga disebutkan bahwa pilot pesawat tersebut adalah Bhavye Suneja dan SIC Harvino.

Sedangkan sebagai pramugari adalah Shintia Melina, Citra Novita Anggelia Putri, Merry Yulyanda, Fita Damayanti Simarmata dan Alfiani Hidayatul Solikah.

 

Baca juga: Miliki 3 Kamera, Inikah Bocoran Asus Zenfone 6?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini