Saingi Google, Mesin Pencari Lokal Geevv Punya Misi Sosial

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 01 November 2018 16:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 01 207 1972056 saingi-google-mesin-pencari-lokal-geevv-punya-misi-sosial-GPW2Xsfb09.jpg (Foto: Geevv)

JAKARTA - Mesin pencari atau search engine merupakan layanan internet yang terus-menerus dipakai oleh warganet di seluruh dunia. Google, salah satu perusahaan raksasa yang menyediakan layanan mesin pencari bisa dikatakan yang paling populer saat ini.

Mesin pencari Google digunakan untuk mencari berbagai macam konten di internet, baik itu situs maupun gambar hingga berita. Melalui mesin pencari tersebut, ada kemungkinan pendapatan iklan yang masuk ke perusahaan.

Melihat peluang atau potensi besarnya pengguna mesin pencari, membuat Andika Deni Prasetya untuk menciptakan mesin pencari lokal, Geevv. Geevv sudah berdiri sejak 2016 dan kini pengguna per harinya sudah mencapai hingga 15 ribu pengguna.

"Jadi memang awalnya, inovasi ini enggak cuma dari produknya saja, tetapi bagaimana produk ini disampaikan," kata Andika Deni Prasetya, pendiri Geevv kepada Okezone, Kamis (1/11/2018).

 

Ia mengatakan, Geevv tidak ada bedanya dengan Google, dalam arti sama-sama mesin pencari. Akan tetapi, pihaknya memiliki sistem donasi. Dengan banyaknya pengguna, maka semakin besar pula peluang untuk terkumpulnya donasi tersebut.

Ia lebih lanjut mengungkapkan, setiap harinya ada pengguna loyal sekira 5-15 ribu pengguna yang memanfaatkan mesin pencari Geevv. Sedangkan total pencarian 15-40 ribu pencarian per hari.

Baca juga: 5 Ponsel Terbaik dengan Fitur Tahan Air, Apa Saja?

Pengguna yang memanfaatkan Geevv mencari berbagai macam hal mulai dari informasi kesehatan, berita dan terkait kebutuhan sehari-hari. "Sama kaya Google," tambahnya.

Namun sekali lagi, Geevv memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh perusahaan asal Mountain View tersebut, yakni adanya sistem donasi. Saat ini, sudah terkumpul angka yang cukup fantastis, yakni lebih dari Rp400 juta yang tertera di situs Geevv.

Andika mengungkapkan, sebenarnya nominal rupiah yang tertera merupakan penghitungan hipotetikal. "Itu sebenarnya, kita sebutnya penghitungan hipotetikal. Kita asumsi, setiap pencarian yang kita hasilkan, kita donasikan. Per pencarian 10 rupiah," tuturnya.

 

Baca juga: Honor Magic 2 Jadi Ponsel Pertama yang Usung 6 Kamera

Ke depannya, Geevv akan mulai update sehingga pengguna bisa melihat informasi secara lebih detail. "Kita lagi fokus internal. Perancangan produknya, digarap Januari, pertengahan atau akhir (tahun depan) ada tampilan baru," katanya.

Saat ini Geevv memiliki sekira 7 personil terdiri dari teknisi, manajemen, ada pula sebagai divisi sales. Geevv juga bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap yang dipercaya sebagai mitra untuk mendonasikan dana kepada pihak yang membutuhkan. (ahl)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini