nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Anak SMA Bikin Helm Anti-Ngantuk

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Sabtu 03 November 2018 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 03 56 1972877 unik-anak-sma-bikin-helm-anti-ngatuk-mtquOt5WqT.jpeg Helm Anti Ngantuk (Foto: Nadia Tisca Ekasari/Okezone)

JAKARTA - Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Kanaan, Tangerang memamerkan Helm Anti Ngantuk pada gelaran Indocomtech 2018 di JCC Senayan, Sabtu (3/11/2018). Helm ini dibuat langsung oleh para siswa di ekstrakulikuler Robotik pada 2014. 

Ide pembuatan teknologi ini datang saat musim mudik. Seperti diketahui saat musim tersebut, para  pemudik akan sangat banyak, dan beberapa dari mereka menggunakan sepeda motor. 

"Jadi ini awalnya dibuat karna saat itukan sedang mudim lebaran, jadi anak anak ingin buat helm ngantuk biar gak jadi kecelakaan," kata Hadi, Tutor SMA Kristen Kanaan kepada Okezone, Sabtu (3/11/2018)

Tim Helm Anti Ngantuk

Baca Juga: Dua Satelit Seukuran Kotak Sepatu Meluncur ke Mars

Sistem dari kerja helm anti ngantuk ini ketika orang yang memakai kepalanya miring ke kiri maka ada sensor suara yang membangunkan.

"Ini sistemnya ketika orangnya miring gitu ada suara yang bakal bangunin, cuma kalo emang gak ngantuk ini bisa dilepas," tambahnya.

Helm ini sangat berguna untuk masyarakat terlebih Indonesia banyak sekali pengendara motor, namun sangat disayangkan helm ini belum ada investor yang mau membantu untuk mengembangkannya.

Dan juga helm ini akan maju di kompetisi skala international dengan pengembangan terbaru mereka  pada Desember 2018. 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini