nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaleng Minuman Bergerak Sendiri dengan Balon, Begini Caranya

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 05 November 2018 12:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 05 56 1973421 kaleng-minuman-bergerak-sendiri-dengan-balon-begini-caranya-NdAMjmvCrP.jpg (Foto: Screenshot/YouTube)

SOLO - Percobaan sains bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Dengan menggunakan kaleng minuman bekas pun, Anda dapat melakukan percobaan sains.

Ketimbang membuang atau membiarkan kaleng minuman bekas di tempat sampah, Anda bisa melakukan eksperimen kecil. Siapkan dulu alat dan bahan berikut, kaleng minuman bekas, balon yang sudah ditiup dan rambut kering.

Caranya, letakkan kaleng kosong di bidang permukaan mendatar misalkan lantai atau meja. Gosok balon ke rambut kering di kepala atau saudara atau teman. Gosok dengan cepat sekira setengah menit.

Bagian paling serunya, setelah balon digosok-gosokkan ke kepala, segera dekatkan ke kaleng tanpa menyentuhnya. Anda bisa amati kaleng bergerak. Ulangi langkah kedua apabila kaleng mulai sulit diarahkan.

 

Baca juga: Curhatan Pramugari Lion Air JT610, Vita: Beratnya Memakai Seragam Ini

Eksperimen ini sekilas mirip membelokkan air dengan sisir yang sudah digosok-gosokkan ke rambut kering. Seperti dijelaskan Sciencebob.com, saat Anda menggosokkan balon ke kepala, Anda menciptakan elektron bermuatan negatif di sekitar permukaan balon.

Elektron yang tidak kelihatan tapi bisa dirasakan tadi disebut listrik statis. Listrik statis ini membuat elektron punya tenaga untuk menarik objek ringan bermuatan positif.

Baca juga: WhatsApp Tambah Fitur Baru untuk Mencegah Teman Usil

Sebenarnya tidak cuma kaleng minuman bekas yang merupakan objek ringan bermuatan positif. Kertas tisu juga sama. ANda bisa mencoba menarik kertas tisu yang sudah dirobek kecil-kecil seukuran lima centimeter dengan balon yang sudah digosok-gosokkan ke kepala.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini