nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, NASA Temukan Formasi Galaksi Mirip Wajah Tersenyum

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 05 56 1973656 unik-nasa-temukan-formasi-galaksi-mirip-wajah-tersenyum-j3JPorWtlW.jpg Foto yang Tertangkap Teleskop Hubble Milik NASA (Foto: Daily Express)

JAKARTA - Teleskop luar angkasa Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Hubble telah menangkap formasi galaksi yang tampak seperti wajah tersenyum. Wajah tersenyum tersebut terletak di cluster galaksi SDSS J0952 + 3434 dan terekam oleh Wide Field Camera 3 Hubble Space Telescope (WFC3).

Dalam gambar yang diposting ke situs web NASA, dua bola kuning dapat dilihat di atas busur cahaya, melukis wajah tersenyum di tengah lautan bintang. Menurut NASA, busur cahaya tersebut adalah galaksi yang bentuknya telah terdistorsi dan terentang akibat melewati sumber gravitasi yang sangat besar.

"Semakin rendah, galaksi berbentuk busur memiliki bentuk khas galaksi yang telah lensa gravitasi cahayanya telah lewat di dekat objek besar dalam perjalanan ke kita, menyebabkan itu menjadi terdistorsi dan membentang keluar dari bentuk," kata NASA, seperti dilansir dari laman Xinhua Net, Selasa (6/11/2018).

Foto NASA

Baca Juga: Kaleng Minuman Bergerak Sendiri dengan Balon, Begini Caranya

Hubble telah merekam fenomena tersebut dalam upaya untuk memahami bagaimana terdapat bintang-bintang baru diseluruh kosmos. Sebagai informasi, WFC3 mampu melihat galaksi yang jauh dengan resolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya cukup tinggi untuk menemukan dan mempelajari wilayah pembentukan bintang di dalamnya.

Teleskop Hubble kembali ke operasi normal pada 26 Oktober setelah berhasil memulihkan giroskop cadangan yang telah menggantikan satu kegagalan tiga minggu sebelumnya. Awalnya diperlukan untuk 15 tahun terakhir, Hubble kini telah berada di garis depan penemuan ilmiah selama lebih dari 28 tahun. Tim NASA berharap teleskop akan terus menghasilkan penemuan luar biasa hingga dekade berikutnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini