nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Layar Ponsel Mulai dari LCD TFT hingga Super AMOLED, Apa Bedanya?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 11:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 06 57 1973900 6-layar-ponsel-mulai-dari-lcd-tft-hingga-super-amoled-apa-bedanya-Nz1ZPlwpKI.jpg (Foto: Mashable)

JAKARTA - Tampilan sebuah smartphone bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi calon pembeli. Tidak hanya spesifikasi yang tangguh, tetapi yang diperhatikan ialah tampilan layar.

Saat ini layar perangkat mobile telah berkembang sedemikian rupa, dan ada cukup banyak jenis layar yang digunakan di ponsel. Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Cashify, Selasa (6/11/2018).

1. LCD TFT

LCD TFT (Thin Film Transistor technology) adalah jenis unit display yang paling umum ditemukan di perangkat seluler. TFT LCD memberi Anda kualitas gambar yang bagus dan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan layar LCD generasi sebelumnya. Namun, sayangnya layar jenis ini belum mampu menghadapi cahaya langsung atau sinar matahari.

 

2. LCD IPS  

LCD IPS (In-Place Switching) memiliki tingkat yang lebih tinggi dari layar LCD TFT yang memberikan sudut pandang yang lebih luas dan konsumsi daya yang lebih rendah. Layar ini lebih mengarah ke masa pakai baterai yang jauh lebih baik.

Dengan begitu, layar ini jelas lebih mahal daripada LCD TFT normal dan karenanya hanya terletak pada smartphone kelas atas. Resolusi yang lebih tinggi dari 640 x 960 piksel, ditemukan pada Apple iPhone 4 yang disebut Retina Display karena kualitas gambarnya yang cemerlang.

Baca juga: Konsep Teknologi Kabin Pesawat Bisa Dilepas Dinilai Berbahaya

3. LCD Capacitive Touchscreen

Teknologi layar sentuh ini diperuntukkan untuk ponsel yang memiliki lapisan kaca yang dilapisi dengan konduktor transparan (seperti indium tin oxide). Ketika disentuh oleh jari manusia, interupsi dibuat di layar medan elektrostatik (yang dapat diukur sebagai perubahan dalam kapasitansi) dan inturn ini dideteksi oleh prosesor ponsel atau chip dan yang pada gilirannya akan menginstruksikan sistem operasi telefon untuk pemicu dan acara atau tindakan yang sesuai.

 

4. OLED

Layar OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah teknologi terbaru untuk menampilkan ponsel dan monitor. Sejauh menyangkut teknologi OLED, Anda akan menemukan bahan organik yang ditempatkan di antara dua lembar konduktor (anoda dan katoda), yang juga diletakkan di antara pelat atas kaca (segel) dan pelat bawah kaca (substrat). Saat pulsa listrik melewati atau diterapkan di antara kedua lapisan konduksi, cahaya elektro-luminesen dihasilkan langsung dari bahan organik yang diapit di antaranya.

Baca juga: 5 Daftar Ponsel Paling Cepat Saat Ini

5. AMOLED

AMOLED ( (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) adalah jenis tampilan OLED yang berbeda untuk ponsel dan cepat mendapatkan popularitas di segmen ponsel cerdas kelas atas. Layar AMOLED dapat menunjukkan lebih banyak hal yang hadir pada layar OLED. Seperti halnya reproduksi warna yang brilian, bobot yang ringan, masa pakai baterai yang baik, dan kecerahan yang tepat.

6. Layar Super AMOLED

Layar Super AMOLED telah dikembangkan oleh Samsung. Super AMOLED dibangun dengan sensor sentuh ditempatkan pada layar itu sendiri, sebagai lawan menciptakan lapisan sensitif sentuhan terpisah (seperti di Capacitive Touchscreen). Ini menjadikannya teknologi tampilan tertipis di pasaran. Layar Super AMOLED saat ini hanya hadir di perangkat Samsung. Namun diharapkan akan lebih banyak ponsel dapat menggunakan teknologi ini di masa mendatang.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini