nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Regulasi IMEI Berantas Ponsel BM, Ini Tanggapan Vivo

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 18:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 07 57 1974698 regulasi-imei-berantas-ponsel-bm-ini-tanggapan-vivo-RDs7zUuIjM.jpeg General for Brand and Activation Vivo Indonesia, Edy Kusuma (Foto: Pernita Hestin Untari/ Okezone)

JAKARTA - Beberapa tahun belakangan, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menyiapkan aturan baru untuk mengurangi pasar ponsel ilegal dan ponsel curian di Indonesia.

Pemerintah menyiapkan aturan registrasi International Mobile Equiptment Identity (IMEI). Meskipun diakui tak mudah, kabarnya aturan tersebut akan diberlakukan akhir tahun ini.

Menanggapi hal tersebut, salah satu produsen smartphone asal China, Vivo melalui General Manager for Brand and Activation Vivo, Edy Kusuma mengungkapkan jika pihak Vivo tak ada masalah dengan hal tersebut.

"Kalau kita tidak ada masalah selama itu dapat mendukung kebijakan pemerintah Vivo akan selalu mengikuti kebijakan tersebut. Memang produk kita sudah terdaftar IMEI-nya," kata dia saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).

Vivo V11

Baca Juga: Kominfo Perketat IMEI, Honor: Kami Yakin Tidak Ada Barang Black Market

Tak hanya sampai di situ, dia mengungkapkan jika Vivo saat ini sudah mengikuti peraturan mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia. Hal tersebut untuk menekan angka import smartphone dan meningkatkan produksi dalam negeri.

"Vivo dalam negeri pabriknya ada di Cikupa. TKDN untuk saat ini pemerintah ada 30 persen, Vivo selalu mengikuti prosedur dari Pemerintah dan kita sudah mencapai TKDN 30 persen," imbuh dia.

Lebih lanjut, dia juga tak menampik jika pasar ilegal atau black market saat ini memang bukan suatu hal yang dapat dikendalikan dengan mudah. Namun yang pasti untuk mencegah peredaran pasar tersebut, Vivo meningkatkan distributor channel resmi serta komunikasi yang kuat dengan dealer-dealer smartphone resmi.

"Tetapi untuk presentasinya kecil banget sih untuk produk Vivo," tutur dia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini