nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat dan Merasakan Serunya Berkunjung ke Markas Netflix di Singapura

Salman Mardira, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 10:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 08 207 1974941 melihat-markas-netflix-yang-keren-banget-di-kawasan-elite-singapura-SDL6992Zya.jpeg Markas Netflix di Singapura (Foto: Salman Mardira/Okezone)

SINGAPURA - Netflix, penyedia layanan streaming dan hiburan terkemuka di dunia kini sudah menjangkau 190 negara termasuk Indonesia. Konten-konten disediakannya makin digandrungi. Di balik melejitnya bisnis, Netflix ternyata sangat memanjakan pekerja. Kantornya di Singapura keren banget.

Kantor Netflix Singapura berada di lantai 14 Tower Marina One, sebuah pusat perkantoran mewah di dunia yang berada di jantung kota Negeri Singa dengan standar keamanan yang sangat tinggi. Masuk ke sana harus menggunakan akses khusus.

Okezone, Rabu 7 November 2018, berkesempatan berkunjung ke Kantor Netflix Singapura di sela menghadiri acara 'Netflix Asia Slate' yang dihelat di Marina Bay Sands. Jurnalis dari berbagai negara di Asia turut hadir, dari Indonesia ada 13 media diundang meliput.

Untuk naik ke markas Netflix, harus ada kartu akses khusus agar pintu kaca terbuka dan bisa menuju lift. Lalu sampai di lobi kita langsung disuguhkan tulisan 'Netflix' di balik meja resepsionis dan dinding sampingnya penuh layar TV menyuguhkan film bak tayangan bioskop.

Kursi tamu tertata rapi dengan aneka permen dan bahan bacaan di meja. Ada "bar" kecil di dekat kaca. Sekilas mirip kafe santai, dengan lampu gantung yang tak menyilaukan dan lantai dilapisi ambal hingga sekeliling kantor.

Masuk ke dalam kantor Netflix kembali harus tempel kartu lagi. Ruangannya nyaman, dekorasi dan interiornya bergaya milenial. Meja dan kursi yang bisa disetel naik turun tertata rapi dengan PC modern di atasnya. Ada bunga-bunga yang terawat baik di antara sela ruangan.

Markas Netflix 1

Baca Juga: Ini Cara Bikin Stiker WhatsApp, Bisa Pakai Foto Sendiri

Lelah menatap layar komputer, karyawan bisa menyegarkan mata sejenak melihat bunga atau mengalih pandang ke gedung-gedung pencakar langit dengan jalanan yang lalu lalang mobil mewah di balik kaca. Suasana di ruangan tenang. Orang-orang sibuk dengan pekerjaan.

Ruang beberapa ruang kaca kecil kedap suara di situ. Jadi jika ada hal penting ingin diobrolkan atau bicara via telepon agar suaranya tak mengganggu yang lain, silakan masuk ke dalam itu.

Di ruangan kerja juga ada kursi-kursi santai dan sofa dengan bantal-bantal. Ada juga sofa bola yang bisa rebahan sambil menyelesaikan pekerjaan. Di sudut ruangan juga ada sofa dan meja panjang yang menghadap langsung ke Teluk Singapura.

Menariknya lagi di kantor itu juga ada ruang makan yang mirip kafe elite. Aneka makanan, minuman, cemilan tersedia. Karyawan bisa makan-minum sepuasnya.

"Jadi tidak perlu harus buang-buang waktu turun ke bawah cari makan, di sini udah ada semua," kata Corporate Communication Netflix, Kooswardini Wulandari.

Kantor Netflix juga memiliki beberapa ruang meeting dengan desain menarik. Tak perlu menggunakan pengeras suara karena akustika ruangannya sangat bagus. Ada kursi sofa dan bantal plus TV. Bioskop mini juga ada layaknya di mal-mal.

Meski sudah ada ruang makan dan rak minuman bak restoran mewah, di Kantor Netflix juga ada ruang khusus untuk ngeteh dan ngopi sambil mencari inspirasi. Dua ruangan ini tertutup dan hanya ada satu kursi sofa menghadap kaca tembus pandang. Sambil minum, kita bisa menikmati keindahan kota, mencari inspirasi.

Nah di samping ruangan ini, ada ruang khusus untuk ibu menyusui. Di dalamnya ada sofa dan tempat cuci sekaligus ganti popok bayi.

Menurut Kooswardini fasilitas dan suasana lingkungan kerja Netflix sengaja dibuat nyaman agar para karyawan bisa menikmati pekerjaan sehingga produktivitasnya meningkat.

Markas Netflix 2

Baca Juga: Batu Luar Angkasa 'Oumuamua' Dikirim oleh Alien, Benarkah?

Benar saja, Netflix kini menguasai pasar penyedia layanan hiburan dan streaming di dunia. Mereka sudah merambah 190 negara dengan pengguna sekarang mencapai 183 juta orang dan diperkirakan terus meningkat seiring dengan makin banyaknya konten serta memperluas jangkauan.

"Pengguna baru akan terus bertambah," kata Jessica Lee, Vice President of Communications Netflix Asia-Pacific.

Netflix berdiri di Amerika Serikat pada 1997, awalnya hanya sebagai penyewa DVD secara online. Saat internet mulai menguasai dunia, Netflix pun mengubah bisnisnya. Tahun 2007, mereka menjadi penyedia layanan streaming film.

Kemudian memperluas jaringannya ke luar AS, merambah berbagai negara. Hingga pada 2016, Netflix mulai masuk ke Indonesia. Kini layanannya bahkan sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Aneka film dari luar negeri juga sudah bisa dinikmati dalam subtitle bahasa Indonesia.

Jessica Lee mengatakan Netflix kini sudah tersedia dalam 20 bahasa. Pihaknya terus memperkuat konten dengan menggandeng aktor dan artis-artis di berbagai negara. (per)

Markas Netflix 3

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini