nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Cari Monster Laut 'Nessie' dengan Analisis eDNA

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 15:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 09 56 1975672 ilmuwan-cari-monster-laut-nessie-dengan-analisis-edna-YCrPNgL6EM.jpg (Foto: Sciencefocus)

JAKARTA - Loch Ness atau yang akrab dipanggil Nessie merupakan hewan misterius dan belum teridentifikasi. Konon monster ini dianggap hidup di Loch, Skotlandia. Selama beberapa tahun kabar mengenai Nessie sudah sangat akrab di telinga.

Beberapa masyarakat ingin membuktikan apakah monster ini ada atau tidak. Sebuah pencarian baru yang diluncurkan oleh ahli genetika Neil Gemmell sedang meneliti monster ini di Loch.

Dilansir dari laman Science Focus, penelitian sebelumnya menggunakan sonar beam dan teknologi satelit untuk mencari Nessie. Namun, tidak berhasil untuk menemukan keberadaan makhluk misterius ini.

 

Gemmel menjanjikan untuk yang terbaik dalam pencarian Nessie ini dengan menganalisis eDNA atau DNA lingkungan, materi genetik – kulit, bulu, kotoran yang ditinggalkan oleh organisme yang hidup di air Loch.

Baca juga: 4 Fitur Baru yang Sedang Dikembangkan WhatsApp, Apa Saja?

Peneliti perlu mencari petunjuk seperti yang dilakukan oleh ilmuwan forensik ketika mencari bukti DNA di TKP.

Jason Goodryer berbicara tentang bagaimana proyek pencarian ini dimulai, bagaimana teknik bekerja dan apa yang akan diharapkan.

 

Baca juga: Case Ini Bikin Huawei Mate 20 Pro Menyelam di Air Lebih Lama

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini