nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Mengambil Foto saat Malam Hari dengan Kamera Ponsel

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 09 92 1975418 4-tips-mengambil-foto-saat-malam-hari-dengan-kamera-ponsel-EOvyZnh8NK.jpg Ilustrasi (Foto: Android Pit)

JAKARTA - Kamera ponsel saat ini memang memiliki masalah sensor gambar yang sangat kecil. Sehingga saat malam hari sangat sulit untuk mengambil gambar dengan cahaya yang cukup agar foto tampak bagus.

Terkadang hasil foto tampak buram atau ada bercak-bercak putih. Okezone kali akan memberikan beberapa tips dan trik agar Anda dapat mengambil foto yang bagus dalam keadaan gelap. Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Android Pit, Sabtu (10/11/2018).

Mengapa cahaya rendah adalah masalah?

Sebagai permulaan, inilah beberapa latar belakang pada aspek fisik dan teknis mengapa mengambil foto dalam kegelapan sangat sulit. Seperti yang sudah dsebutkan di intro ukuran adalah masalahnya.

Area peka cahaya di sebagian besar sensor yang terintegrasi ke dalam smartphone kira-kira 15 hingga 30 mm². Sebagai perbandingan, sensor gambar format penuh dari kamera DSLR memiliki luas sekitar 860 mm² , yaitu 30 hingga 60 kali lebih banyak.

Sementara sensor smartphone kecil dapat mengumpulkan cukup cahaya pada siang hari, chip hanya menerima terlalu sedikit foton dalam gelap. Namun, sekarang ada beberapa cara untuk mengambil gambar yang terang dengan ponsel Anda, meskipun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

 1. Manfaatkan Mode Malam

Beberapa ponsel memiliki mode malam, ini cukup baik untuk mengambil beberapa eksposur. Kemudian, menggabungkannya untuk menciptakan hasil yang lebih baik dan mengurangi noise di foto. Namun yang pasti, setiap ponsel memiliki fitur mode malam yang berbeda serta memiliki hasil yang berbeda pula.

 Step 1

Baca Juga: 6 Tips dan Trik WhatsApp yang Perlu Anda Ketahui


2. Sensitivitas Lebih Tinggi

Untuk menghasilkan gambar yang terang dalam cahaya rendah menggunakan sensor kecil, Anda dapat memperkuat sensitivitas cahaya sensor gambar (ISO).

Namun sayangnya, sensitivitas ISO yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang lebih cerah dan kecepatan rana yang lebih cepat pada saat yang bersamaan. Kualitas gambar semakin terpengaruh di atas ISO 400.

Jika ponsel cerdas Anda tidak memungkinkan Anda menyesuaikan sensitivitas ISO secara manual, ada beberapa aplikasi lain yang dapat Anda gunakan. Misalnya, Kamera FV-5 Lite (Android) atau Pro Camera (Apple), menawarkan banyak opsi pengaturan.

Namun, tidak seperti iPhone, sebagian besar ponsel pintar Android dan aplikasi kameranya menawarkan banyak opsi manual.

3. Cahaya Tambahan

Cahaya tambahan dirasa perlu untuk menjaga sensitivitas sensor rendah agar mengurangi noise gambar. Hal ini dapat disiasati dengan menambahkan sumber cahaya ke dalam objek foto.

Banyak ponsel sekarang ini yang menyematkan LED Flash. Bahkan banyak telepon modern bahkan memiliki beberapa LED untuk menyesuaikan warna cahaya flash ke pencahayaan lingkungan. Ini cukup efektif mencegah gips warna dan gambar terlihat layak.

Namun, LED kamera yang terintegrasi ini juga memiliki kekurangan. Lampu kilat dari garis pandang kamera menghilangkan semua bayangan, seringkali membuat subjek terlihat sangat dua dimensi dan bahkan datar. Oleh karena itu, flash terintegrasi hanya boleh digunakan ketika benar-benar diperlukan.

Namun, dalam banyak kasus, ada opsi lain untuk memastikan lebih banyak cahaya. Saat mengambil foto diluar, cobalah ambil beberapa langkah ke lampu jalan terdekat atau ke sudut yang lebih terang di dalam ruangan.

Menjadi catatan, baiknya ambil langkah untuk memastikan cahaya tidak datang langsung dari atas, karena itu menghasilkan bayangan yang berlebihan terhadap objek.

step 2

 Baca Juga: Tips Mengamankan Data Apabila Smartphone Anda Rusak

4. Waktu pencahayaan lebih lama

 Saat Anda tidak dapat menambahkan cahaya apu pun ke objek foto, maka Anda harus memberikan waktu pencahayaan lebih lama ke ponsel.

Untuk meningkatkan waktu pencahayaan, Anda memerlukan mode manual, yang sering disebut mode pro atau yang serupa. Pilihan yang dapat dipertanyakan ini disebut kecepatan rana, waktu pencahayaan atau secara sederhana dan secara jelas disingkat dengan "S".

Sebagian besar ponsel cerdas dalam mode otomatis mengambil gambar dengan kecepatan maksimum 1/10 detik. Namun yang harus diingat, waktu pencahayaan yang lebih lama mengharuskan Anda untuk menjaga tangan tetap tenang atau jika tidak bidikan akan menjadi buram. Untuk masalah ini, Anda juga dapat menggunakan tripod sebagai alat bantu.

Step 3

Baca Juga: Ini Cara Menghapus Riwayat Pencarian YouTube


Kesimpulan

 Beberapa hal tadi merupakan tips yang bisa dijadikan panduan untuk fotografi malam. Namun yang pasti, membiasakan diri dengan pengaturan aplikasi kamera ponsel merupakan hal yang patut dilakukan. Selain iu, jangan malas dan ambil banyak gambar sehingga Anda mampu mendapatkan foto terbaik.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini