nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tips Jitu Memulai Vlog untuk Pemula

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 12:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 09 92 1975561 7-tips-jitu-memulai-vlog-untuk-pemula-hBJyQ4LgEm.jpg Ilustrasi Nge-Vlog (Foto: Daily Dot)

JAKARTA - Dunia internet saat ini dipenuhi dengan manusia yang semakin kreatif.Mereka dikenal dengan content creator, mulai dari konten foto, video, serta komik.

Salah satu yang paling marak belakangan ini adalah konten video di YouTube atau yang biasa dikenal dengan vlog. Konten videonya bisa tentang traveling, kuliner, make-up, bahkan keseharian para vlogger.

Menariknya lagi, banyak dari para vlogger yang mampu menghasilkan uang dengan menjual ruang iklan dan menjadi mitra YouTube.Beberapa dari Anda mungkin penasaran untuk menjadi seorang vlogger. Kali ini Okezone akan memberikan beberapa tips jitu untuk Anda yang akan memulai menjadi vlogger, seperti dilaporkan Vlognation, Sabtu (9/11/2018). 

Vlog

Baca Juga: Ciptakan Foto Kece di Instagram, Ini Tips Fotografi Mobile

1. Pilih Tema Vlog

Sebelum memulai vlog dan membuat channel YouTube, Anda harus memilih tema vlog tersebut. Hal ini dapat membantu apa yang akan Anda sampaikan ke pemirsa. Dasarkan saluran Anda di sekitar tema tersebut, ini pada dasarnya adalah area topik yang Anda sukai.

Sementara beberapa orang memilih tema yang luas, yang lain memilih sudut yang lebih spesifik. Apa pun itu, penting untuk menentukan apa yang ingin Anda lakukan dengan saluran YouTube Anda dan audiens yang ingin Anda targetkan untuk mendapatkan vlog Anda populer.

Meskipun itu terserah pada Anda, akan lebih baik jika melihat beberapa tema yang paling dicari juga bisa menjadi poin bagus agar vlog Anda semakin populer.

2. Tonton Tren

Untuk menjadi vlogger hebat Anda harus dituntun sepenuhnya tenggelam dalam konten. Selain itu, Anda juga harus tetap up to date dengan apa yang terjadi. Misalnya saja, jika mengangkat tentang kuliner Anda perlu mengetahui beberapa makanan atau tempat makan enak yang sedang viral.

3. Fokus pada Kualitas

Dalam menarik hati pemirsa, para vloger harus menawarkan sesuatu yang menarik perhatian.Ini berarti Anda tidak boleh mengabaikan pentingnya kualitas vlog yang Anda buat.Kemudian, tidak hanya dalam pengambilan gambar, kualitas pengeditan dan audio juga harus seimbang.

Terpenting, vlog Anda harus jelas, sederhana, dan mudah diikuti.Jadi pastikan untuk fokus pada kualitas untuk membangun basis penggemar yang kuat untuk saluran YouTube Anda.

Vlog

Baca Juga: Baterai Ponsel Tak Dapat Terisi Penuh, Perhatikan 4 Hal Ini


4. Mengomentari Vlog

Seorang vlogger baru harus menemukan cara untuk mendapatkan target pemirsa. Lalu, bagaimana Anda bisa melakukan itu?

Menariknya, komentar di vlog lain tampaknya dianggap efektif karena Anda bisa mendapatkan pengunjung melalui komentar. Misalnya, jika Anda adalah vlogger make-up, kunjungi channel make-up.

Jika Anda membuat vlog perjalanan, maka terlibatlah dengan blog yang berfokus pada perjalanan.Kunjungi blog yang menghasilkan konten tentang topik yang Anda buat pada vlog. Ini akan membantu menghadirkan pemirsa yang menikmati topik yang menjadi dasar saluran YouTube Anda.

Ketika Anda akan pergi ke vlog lain dan meninggalkan komentar berharga, pengunjung akan melihat komentar Anda dan mengikuti Anda jika mereka menemukan komentar Anda benar-benar menarik. Mungkin perlu sedikit waktu, tetapi itu bisa menjadi sangat efektif.

5. Perhatikan Nada Bicara

Lebih lanjut, salah satu hal yang paling penting juga adalah seorang vlogger harus terhubung dengan audiensnya.Jadi, Anda harus mempertahankan nada ramah di semua video YouTube Anda.

Lebih tepatnya, nada yang terdengar seperti Anda sedang berbicara dengan teman Anda. Apalagi jika Anda bisa menambahkan sedikit humor ke vlog, ini akan menjadi poin plus.

VlogBaca Juga: Ketahui 2 Cara Cek Ponsel Resmi atau Black Market

6. Frekuensi yang Jelas

Memang penting untuk menjaga kualitas video, namun yang pasti Anda juga harus aktif.Jangan menunggu beberapa minggu atau bulan sampai mengunggah vlog Anda berikutnya di YouTube.Pemirsa lebih suka berlangganan ke saluran yang aktif.Jadi, penting untuk menjaga saluran Anda tetap aktif dengan sering mengunggah video.Ini membantu membangun audiens Anda.

7. Terhubung ke Media Sosial

Tidak ada seorang vlogger yang memulai channelnya dengan sejuta pengikut secara instan.Tentunya, mendapatkan pelanggan yang banyak membutuhkan kerja keras dan banyak waktu. Tidak masalah seberapa hebatnya konten Anda, Anda akan membutuhkan pengikut di luar kenalan pribadi Anda. Di sinilah peran media sosial bermain.

Mulailah menautkan profil channel YouTube Anda di semua situs media sosial utama dan tarik orang untuk bergabung. Perbarui secara teratur dan berinteraksilah dengan pengikut Anda.Harapkan kritik dari waktu ke waktu dan tangani mereka dengan rasa hormat dan profesionalisme.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini