Astronom Temukan Dua Planet Pengembara, Tidak Mengorbit Bintang

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 18:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 11 56 1976304 astronom-temukan-dua-planet-pengembara-tidak-mengorbit-bintang-39Mzykl52u.jpg (Foto: Sky & Telescope)

JAKARTA - Astronom dari Warsaw University di Polandia telah mengidentifikasi dua planet pengembara di galaksi, yang tidak mengorbit di sekitar bintang. Planet ini tampak asing karena tidak ada bintang atau matahari yang menyinari mereka.

Dilansir Digitaltrends, Minggu (11/11/2018), perdebatan telah berkecamuk dalam dunia astronomi selama bertahun-tahun. Ada atau tidaknya planet pengembara masih menjadi misteri.

Dikatakan planet pengembara karena mereka tidak memiliki bintang yang menerangi mereka. Mereka menjadi sangat sulit ditemukan karena hampir selalu gelap.

Namun, teknik yang disebut gravitational microlensing memungkinkan para peneliti mengidentifikasi planet-planet itu dengan melihat kapan sebuah planet datang di antara bintang yang jauh dan Bumi.

 

Ketika ini terjadi, planet bertindak seperti lensa, mendistorsi cahaya yang dapat dilihat dari bintang ketika mencapai Bumi. Ini menunjukkan bahwa tubuh besar seperti planet sedang lewat di depan bintang, dan ukuran tubuh dapat diperkirakan dari ukuran distorsi.

Dua temuan planet pengembara atau rogue planets dinamakan OGLE-2017-BLG-0560 dan OGLE-2012-BLG-1323. Dinamakan demikian karena survei Optical Gravitational Lensing Experiment (OGLE) yang menemukan mereka.

Baca juga: Konsol Game Xbox Dukung Perangkat Mouse dan Keyboard

Planet pertama yang terdeteksi, OGLE-2017-BLG-0560, terdeteksi pada April 2017 dan ukurannya bisa berada di antara satu dan dua puluh kali massa Jupiter.

Temuan bukti dari planet ini mengarahkan para ilmuwan untuk melihat kembali melalui data penelitian lama mereka untuk bukti serupa, di mana mereka menemukan OGLE-2012-BLG-1323 yang lebih kecil, yang pertama kali ditangkap pada Agustus 2012.

Baca juga: Samsung Bakal Produksi Lebih dari 1 Juta Ponsel Lipat

Meskipun mereka sulit dikenali, beberapa astronom memperkirakan bahwa planet-planet pengembara tidak langka di suatu galaksi. Neil DeGrasse Tyson berspekulasi bahwa mungkin ada miliaran planet pengembara di luar angkasa yang dingin.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini