Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diresmikan 2 Menteri, XL Axiata Bangun Laboratorium IoT di Indonesia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 15:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 13 207 1977220 diresmikan-2-menteri-xl-axiata-bangun-laboratorium-iot-di-indonesia-qCGSHIpKNp.jpeg XL Axiata Mendirikan Lab IoT, X-Camp (Foto: Pernita Hestin Untari)

JAKARTA - Laboratorium Internet of Things (Iot) milik XL Axiata, X-Camp hari ini telah diresmikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara serta Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto.

Menurut Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini ini merupakan wujud XL Axiata untuk mendukung solusi digital khususnya IoT. Dia mengatakan jika IoT memiliki potensi besar di masa depan untuk aktivitas individu maupun industri.

"Salah satu kebutuhan untuk meningkatkan IoT yakni jaringan data kita harus lebih baik. Untuk memperluas implementasi dari IoT ini sendiri, XL Axiata mewujudkan IoT lab yakni Xcamp. Kami harap XL Axiata bisa menjadi yang terdepan dan proaktif terhadap ide-ide yang muncul dan diaplikasikan menjadi IoT solution," kata dia dalam acara peresmian X-Camp, di XL Axiata Tower, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).

Lebih lanjut dia mengungkapkan jika IoT Lab tersebut diharapkan mampu dimanfaatkan untuk para developer, mahasiswa, dan tempat pertemuan bagi para stakeholder dalam ekosistem IoT.

"XCamp di sini bisa menjalankan training dan bekerjasama di universitas untuk pengembangan sumberdaya dayanya. Idenya sendiri didapat dari segala macam merupakan event kompetisi dan hasilnya dapat diterapkan yang real untuk konsumen maupun industri," tambah dia.

Dia juga mengungkapkan jika X-Camp merupakan salah satu laboratorium IoT yang dimiliki oleh operator di Asia Tenggara serta telah terverifikasi oleh GSMA.

Laboratorium IoT milik XL

Baca Juga: WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Search untuk Pencarian Stiker

Kemudian, dikatakan oleh Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya ada beberapa hal yang penting dalam pengembangan laboratorium IoT X-Camp yakni jaringan atau konektivitas (NB-IoT), platform pengembangan (Flexiot), dan produk atau solusi IoT berupa aplikasi (Fleettech dan XL Hajj).

Lebih lanjut, lanjut dia adapun laboratorium ini diharapkan mampu mendukung ekosistem IoT dengan tujuan edukasi pasar, ekubasi bisnis, pengembangan bersama, dan kerjasama lab.

Laboratorium IoT milik XL

Sementara itu Airlangga mengungkapkan jika saat ini perkembangan digital telah menjadi salah satu perbincangan yang hangat bagi negara-negara di dunia khususnya mengenai Revolusi Industri 4.0.

"Dengan adanya industri 4.0 untuk sektor negara-negara maju agar tidak tertinggal tidak hanya bisa bahasa Inggris saja. Namun, juga harus peka terhadap AI, IoT, AR, VR, 3D printing dan banyak lagi," tutur dia.

Rudiantara juga menambahkan jika bagian terpenting dari industri 4.0 tidak hanya ekosistemnya saja namun juga sumber daya manusianya. Ia juga memberi apresiasi terhadap XL atas kerjasama dengan beberapa universitas dalam pengembangan IoT, di antaranya Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Laboratorium IoT milik XL

Baca Juga: iPhone X Alami Gangguan Touchscreen, 3 Cara Ini Bisa Anda Lakukan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini