Galaksi 'Hantu' Raksasa Ditemukan Mengelilingi Bima Sakti

Nadia Tisca Ekasari, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 06:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 14 56 1977919 galaksi-hantu-raksasa-ditemukan-mengelilingi-bima-sakti-AddWMpbH1s.jpg (Foto: V. Belokurov/Marcus and Gail Davies and Robert Gendler)

JAKARTA - Astronom telah melihat ‘hantu’ galaksi misterius yang mengorbit Bima Sakti. Benda ini besar tetapi sangat redup, dan dinamai Antlia 2.

Dilansir dari laman New Atlas, Rabu (14/11/2018), seperti diketahui Antlia 2 adalah galaksi kuno yang mengelilingi Bima Sakti pada jarak sekira 130.000 tahun cahaya. Meskipun galaksi tersebut sangat besar namun, Antlia 2 10.000 kali lipat redup.

Gabriel Torrealba, penulis utama studi galaksi ini mengatakan bahwa ini adalah ‘hantu’ galaksi. “Objek yang seperti Ant 2 belum pernah terlihat sebelumnya. Penemuan kami hanya mungkin berkat data Gaia,” ucapnya.

Ant 2 ditemukan dalam data dari sensus galaksi misi Gaia yang telah memetakan hampir 1,7 miliar bintang di Bima Sakti dan seterusnya. Galaksi kerdil adalah salah satu yang tertua di alam semesta.

 

Baca juga: 4 Cara Menjaga Layar Ponsel agar Tidak Mudah Retak

Ant 2 tampaknya telah terlewatkan di masa lalu karena ia bersembunyi di Bima Sakti. Galaksi dikonfirmasi dengan mengukur spektrum bintangnya. Kemiringannya yang cocok dengan massa yang jauh lebih rendah daripada yang diharapkan untuk ukuran galaksi.

"Penjelasan paling sederhana tentang mengapa Ant 2 tampaknya memiliki massa yang begitu sedikit hari ini adalah bahwa itu sedang dipisahkan oleh Galactic tides dari Milky Way," kata Sergey Koposov, salah satu penulis studi tersebut.

Jika ini kasusnya, mungkin Ant 2 sekarang hanya sebagian kecil dari ukuran sebelumnya. Tim menunjukkan bahwa mungkin galaksi akan keluar berkat formasi bintang yang kuat.

Untuk mengetahunya, tim sekarang menggunakan metode yang sama untuk mencari galaksi yang serupa dalam data Gaia.

 

Baca juga: Ponsel Terbaik Harga Rp3 Jutaan yang Rilis di 2018

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini