Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meteor Leonid Bakal Hujani Bumi Akhir Pekan Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 56 1978125 meteor-leonid-bakal-hujani-bumi-akhir-pekan-ini-JQqRBcLm8F.jpg Hujan Meteor Leonid (Foto: The Indian Express)

JAKARTA - Fenomena alam kembali menyambangi bumi pada akhir bulan ini. Tepatnya meteor Leonid akan menghujani bumi sekira 16 November pada malam hari hingga dini hari 17 November 2018.

Dilansir dari laman USA Today, Jumat (16/11/2018) hujan meteor Leonid berasal dari konstelasi Leo the Lion di timur. Selain itu ini merupakan salah satu hujan meteor terbesar. Bahkan dalam beberapa tahun, hujan meteor Leonid telah menjadi badai meteor paling dahsyat.

Pada 1833 badai meteor Leonid bahkan mencapai 100.000 meteor per jam. Namun, tampaknya tahun ini belum ada perkiraan apakah hujan meteor akan sebanyak itu. Namun yang pasti akan ada 10 hingga 15 meteor per jam.

Dikenal juga sebagai bintang jatuh, meteor sebenarnya adalah debu komet yang tersisa. Mereka adalah butiran debu dan puing-puing berukuran kecil dan pasir yang memudar dari komet Tempel-Tuttle saat mendekati bumi (Orbit Bumi membawanya langsung melalui jejak puing-puing.). Lalu, debu dan puing terbakar ketika menabrak atmosfer kita.

Hujan Meteor

Baca Juga: Galaksi 'Hantu' Raksasa Ditemukan Mengelilingi Bima Sakti

Seperti halnya hujan meteor, waktu terbaik untuk menonton Leonid biasanya antara jam tengah malam dan fajar. David Samuhel, seorang ahli meteorologi dan astronomi di AccuWeather, mengatakan orang-orang harus mendedikasikan setidaknya satu jam untuk mengistirahatkan mata agar melihat hujan meteor lebih baik. 

"Jangan melihat sumber cahaya apa pun selama beberapa jam seperti telepon, senter, atau jenis layar apa pun," katanya.

"Mata Anda perlahan-lahan akan menyesuaikan setengah jam, maka kamu akan memiliki penglihatan malam yang sempurna. Kamu juga harus berada ditempat setinggi mungkin sehingga kamu dapat melihat sebanyak mungkin langit," imbuh dia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini